Lain-lain

Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ulasan lengkap manfaat madu, untuk pengobatan, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut. Selengkap disini.

Sejak dahulu, madu sudah dipercaya dan digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

 

Madu

Madu adalah cairan dengan rasa manis yang dibuat oleh lebah madu menggunakan nektar tanaman. Ada sekitar 320 varietas madu yang bervariasi dari segi warna, bau dan rasa.

 

Kandungan Madu

Kandungan terbesar dalam madu adalah gula, campuran asam amino, vitamin, mineral, zat besi, zink dan antioksidan.

Selain sebagai pemanis alami, madu juga digunakan sebagai anti radang, antioksidan dan anti bakteri.

Masyarakat juga biasa menggunakan madu untuk mengobati batuk dan dioleskan ke kulit untuk mengobati luka bakar dan mempercepat proses penyembuhan luka.

 

Manfaat Madu pada Penyakit

Secara medis, terdapat bukti penelitian madu pada beberapa kondisi, antara lain:

  • Manfaat Madu pada Penyakit jantung atau kardiovaskular

Sifat antioksidan madu berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Antioksidan merupakan zat yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Manfaat Madu pada Batuk

Penelitian menunjukkan madu eucalyptus, madu citrus dan madu labiatae dapat bekerja sebagai penekan batu pada pasien yang mengalami infeksi saluran pernapasan atas dan batuk pada malam hari.

  • Manfaat Madu pada Penyakit saluran pencernaan atau gastrointestinal

Bukti menunjukkan madu dapat membantu meringankan masalah saluran pencernaan, seperti diare. Selain oralit, madu juga bisa digunakan sebagai bagian dari terapi rehidrasi oral.

  • Manfaat Madu pada Penyakit saraf

Madu dapat memberikan manfaat sebagai antidepresan, anti kejang dan anti kecemasan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa madu telah terbukti membantu mencegah gangguan daya ingat.

  • Manfaat Madu pada Perawatan luka

Penggunaan madu secara topikal dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, terutama untuk kasus luka bakar. Hal ini dikarenakan madu memiliki aktivitas anti bakteri, antioksidan dan membantu mengurangi peradangan.

 

Manfaat Madu pada Kesehatan & Kecantikan

Selain untuk berbagai penyakit, madu juga diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu:

  • Manfaat Madu untuk menurunkan berat badan

Nutrisionis menganjurkan untuk mengonsumsi 1 sendok madu sebelum tidur, atau pada pagi hari saat perut kosong, Mommy dapat menggunakan madu bersama dengan air hangat. Konsumsi madu dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu untuk menurunkan berat badan.

  • Manfaat Madu pada untuk kulit dan wajah

Madu sangat berguna bagi kesehatan kulit karena bersifat melembapkan dan menutrisi kulit, dan membantu mengatasi kulit kering atau bibir pecah-pecah.

  • Manfaat Madu untuk sistem kekebalan atau imun tubuh

Madu memiliki sifat antioksidan dan anti bakteri yang membantu untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Mommy.

  • Manfaat Madu pada rambut

Madu merupakan salah satu pengobatan alami yang dapat Mommy gunakan untuk mengatasi masalah ketombe.

Selain itu, madu juga dapat menutrisi rambut kering, sehingga menjadi lebih halus dan lembut. Campur minyak sayur dengan 2 sendok makan madu dan oleskan di rambut, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air sebelum Mommy menggunakan shampoo.

 

Alergi Madu

Madu tergolong aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun, pada orang yang sensitif atau memiliki alergi terhadap kandungan madu, reaksi alergi serius dapat terjadi.

Tanda dan gejala reaksi alergi, yaitu:

  • Sesak nafas

  • Pusing

  • Mual

  • Muntah

  • Lemah

  • Keringat berlebih

  • Pingsan

  • Irama jantung tidak beraturan (aritmia)

  • Terasa menyengat setelah pemberian madu secara topikal

 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apakah manfaat madu untuk anak-anak?

Selain rasanya yang enak, madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anak-anak, yaitu:

  • Sebagai sumber energi

  • Kandungan vitamin dan protein dapat membantu pertumbuhan anak

  • Melindungi organ hati

  • Menjaga kesehatan tulang.

Namun, penting untuk diingat jangan memberikan madu pada anak di bawah usia 1 tahun, karena berisiko mengalami penyakit akibat bakteri Clostridium botulinum. 

 

Apakah manfaat madu untuk pria?

Madu kaya akan kandungan vitamin, zat besi, kalsium, asam amino dan mineral lainnya. Banyak pengamatan yang menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita.

Madu disarankan untuk pria yang mengalami impotensi. Minuman madu yang ditambah dengan susu hangat dipercaya dapat meningkatkan jumlah sperma, serta kandungan vitamin B merupakan zat penting untuk produksi testosteron pada pria.

 

Apakah manfaat madu untuk kecantikan?

Saat ini, banyak produk kecantikan yang menambahkan madu sebagai salah satu komposisi perawatan kecantikan, seperti pelembab bibir, tabir surya, lotion dan produk lainnya.

Ternyata, madu memiliki efek anti-aging atau anti penuaan. Madu dapat menghentikan pembentukan kerutan di wajah dan membuat kulit nampak muda, serta mencegah infeksi kulit yang berhubungan dengan usia.

 

Apakah manfaat madu untuk wajah?

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, ternyata madu juga sangat bermanfaat bagi kulit karena memiliki sifat yang melembapkan dan menutrisi.

Mommy bisa menggunakan madu untuk kulit kering, serta juga dapat membantu melembapkan bibir. Cara menggunakannya pun mudah, tinggal dioleskan di wajah sebagai masker atau di bibir yang kering. Diamkan beberapa saat dan dibilas dengan air.

Selain rasanya yang enak, madu memiliki manfaat dan aman bagi orang dewasa dan anak di atas 1 tahun. Hindari penggunaan madu untuk bayi di bawah 1 tahun.

Meski jarang, namun berisiko menyebabkan masalah pencernaan serius bagi bayi. Yuk, biasakan mengonsumsi madu di keluarga Mommy!

 

Ditulis oleh : apt. Novita, S.Farm., M.Farm.

Sumber

  1. Mayo Clinic. Honey [Internet]. Available from: https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-honey/art-20363819
  2. Samarghandian S, Farkhondeh T, Samini F. Honey and Health: A Review of Recent Clinical Research. Pharmacognosy Res. 2017. Available from:https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5424551/
  3. Medical News Today. Honey for skin: How to use and side effects [Internet]. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/honey-for-skin
  4. Meo, SA, Al-Asiri, SA, Mahesar, AL, Ansari, MJ. Role of Honey in Modern Medicine. Saudi J Biol Sci. 2017; 24(5): 975-978. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5478293/
  5. Chandrashekar M. Honey and Its Benefit [Internet]. Available from: http://jsscon.org/wp-content/uploads/2019/03/honey-benefits.pdf
  6. Our House Families. Health benefits of honey for children [Internet}. Available from: http://www.ourhousefamilies.org/health-benefits-of-honey-for-children.html
  7. Can I Feed My Baby Honey? [Internet]. Available from: https://kidshealth.org/en/parents/honey-botulism.html

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa