Uncategorized

Kangaroo Mother Care

Yuk lakukan Kangaroo Mother Care. Baca selengkapnya di sini mulai dari pengertian, manfaat, hingga langkah-langkah pelaksanaannya

Pengertian

Bayi berat lahir rendah

BBLR. Bayi dengan berat lahir ≤ 2000 gr tidak memiliki kemampuan untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri. Oleh karena itu, mereka perlu segera dimasukkan dalam inkubator untuk mendapatkan kehangatan. 

Keterbatasan inkubator. Namun, fasilitas inkubator di rumah sakit terbatas dan membutuhkan biaya tinggi. Masalah ini bisa terpecahkan dengan metode Kangaroo Mother Care.

Manfaat

Kangaroo Mother Care memiliki banyak manfaat, tidak hanya bagi bayi, namun juga bagi Mommy dan pasangan.

Manfaat bagi bayi

  • Memberikan kehangatan pada bayi melalui kontak kulit nonstop dengan Mommy atau pengasuh pengganti, seperti pasangan Mommy
  • Meningkatkan asupan nutrisi dengan pemberian ASI eksklusif
  • Mencegah infeksi yang mungkin timbul, misalnya akibat rusaknya peralatan inkubator
  • Memperpendek waktu rawat inap di rumah sakit

Manfaat bagi Mommy dan pasangan

  • Membutuhkan biaya perawatan yang lebih rendah
  • Meningkatkan keterlibatan Mommy dan pasangan pada proses perawatan
  • Meningkatkan bonding dan kedekatan dengan bayi
  • Meningkatkan pasokan ASI Mommy
  • Meningkatkan kepercayaan diri dalam merawat bayi
  • Menghilangkan kekhawatiran karena Mommy tahu bayi Mommy sedang dirawat dengan baik
  • Memiliki kendali lebih besar dalam perawatan bayi

Waktu pelaksanaan

Kapan dilakukan

Kangaroo Mother Care idealnya mulai dilakukan segera setelah bayi lahir, dan akan terus dilakukan hingga bayi mampu menjaga suhu tubuhnya tetap stabil.

Pemantauan lanjutan

Kangaroo Mother Care dapat terus dilakukan bahkan setelah Mommy dan bayi pulang dari rumah sakit. Pemantauan ketat terhadap kondisi bayi dan Mommy akan terus dilakukan hingga bayi mencapai usia 1 tahun.

Prosedur

Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan Kangaroo Mother Care.

  1. Mommy akan melepas bra dan memakai baju dengan bukaan depan
  2. Mommy berbaring dalam posisi setengah duduk
  3. Dengan hanya memakai popok dan topi, bayi akan diletakkan dalam posisi tegak di antara payudara Mommy. Dada bayi menempel pada dada Mommy
  4. Punggung bayi kemudian ditutupi menggunakan selimut atau baju Mommy dengan posisi kepala berada di luar selimut atau baju. Hal ini bertujuan untuk menjaga bayi tetap hangat dan nyaman saat meringkuk di dada Mommy

Cobalah untuk rileks, mengatur pernapasan, dan fokus pada bayi. Biarkan bayi beristirahat dan bersantai dalam dekapan Mommy

Metode

Berikut adalah beberapa metode Kangaroo Mother Care yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

1. Intermittent

Kangaroo Mother Care dilakukan selama beberapa jam dalam sehari atau berselang setiap beberapa hari.

Umumnya, dalam seminggu dibutuhkan setidaknya empat kali atau lebih sesi intermittent Kangaroo Mother Care dengan durasi 1 jam.

2. Continuous 

Kangaroo Mother Care dilakukan nonstop selama 24 jam dalam sehari. Metode ini dapat dilakukan jika bayi tidak dalam keadaan sakit dan Mommy menginap di rumah sakit.

3. Ambulatory 

Kangaroo Mother Care dilakukan sambil beraktivitas ringan di rumah. Hal ini dapat dilakukan jika kondisi bayi tidak lagi memerlukan pemantauan di rumah sakit.

Larangan

Berikut adalah beberapa kondisi bayi dan orang tua yang tidak memungkinkan dilakukannya Kangaroo Mother Care.

Kondisi bayi

Jika bayi mempunyai masalah jantung, kemungkinan bayi tidak dapat melakukan Kangaroo Mother Care.

Kondisi Mommy atau pasangan 

Berikut kondisi yang menghalangi Mommy atau pasangan melakukan Kangaroo Mother Care.

  • Sedang tidak enak badan atau sedang sakit
  • Memiliki masalah kulit, seperti ruam atau luka
  • Menggunakan ponsel
  • Menggunakan pewangi atau produk lain yang dioleskan di kulit
  • Merokok

Kangaroo Mother Care merupakan solusi perawatan bayi prematur dan bayi dengan berat lahir rendah dengan banyak keuntungan dibandingkan perawatan konvensional di inkubator.

Penulis :  Muna Fitria – Tim penulis Mommy 101 disadur dari berbagai sumber

Sumber

  1. Kangaroo Mother Care: A Safe and Effective Solution. https://www.paho.org/hq/index.php?option=com_content&view=article&id=2647:2010-kangaroo-mother-care&Itemid=40275&lang=fr (diakses pada 11 April 2021)
  2. Kangaroo Mother Care. https://www.mcsprogram.org/our-work/newborn-health/kangaroo-mother-care/ (diakses pada 11 April 2021)
  3. Kangaroo Care. 2020. https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/12578-kangaroo-care (diakses pada 11 April 2021)
  4. MRC Research Unit for Maternal and Infant Health Care Strategies. Kangaroo Mother Care Workbook: Introduction (Part 1). 2002. South Africa: University of Pretoria, Kalafong Hospital.
  5. McClure, Vimala. Kangaroo Care Benefits Preemies – Results 20 Years Later. https://www.iaim.net/kangaroo-care-benefits-preemies-results-20-years-later/ (diakses pada 11 April 2021)

Komentar

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa