Kesehatan

Obat Demam untuk Ibu Menyusui

Demam merupakan salah satu gejala infeksi atau peradangan pada tubuh. Berikut ulasan beberapa obat demam untuk ibu menyusui yang sering digunakan.

Penyebab Demam

Demam sering kali merupakan pertanda tubuh sedang melawan infeksi. Ketika demam, Mommy sebenarnya tidak perlu terburu-buru minum obat.

Obat demam yang aman

Namun, apabila dirasa sangat tidak nyaman dan membuat Mommy sulit beraktivitas, berikut pilihan obat demam yang aman dikonsumsi ibu menyusui.

1. Paracetamol

Manfaat. Paracetamol dengan nama lain Acetaminophen merupakan pereda demam yang paling sering digunakan. Selain untuk meredakan demam, Mommy juga dapat menggunakan Paracetamol sebagai antinyeri.

Dosis Paracetamol yang disarankan adalah tidak lebih dari 4 gram dalam 24 jam. Paracetamol tersedia dengan berbagai macam merek, dan Mommy dapat membelinya tanpa resep dokter.

2. Ibuprofen

Manfaat. Ibuprofen merupakan obat golongan antiinflamasi nonsteroid yang berperan mengatasi peradangan sekaligus meredakan demam.

Dampak kepada ASI. Ibuprofen dapat keluar melalui ASI, namun dalam jumlah sedikit dan aman bagi bayi. Oleh karena itu, Ibuprofen dapat menjadi alternatif pereda demam selain Paracetamol.

Dosis. Dosis harian Ibuprofen untuk meredakan demam adalah 200 – 400 mg setiap 4-6 jam, atau digunakan bila perlu. Dosis maksimal Ibuprofen adalah 1200 mg dalam sehari.

Kandungan obat demam yang perlu dihindari

Tidak semua obat demam dapat dikonsumsi ibu menyusui, berikut ini obat yang sebaiknya dihindari selama menyusui.

1. Metamizole sodium

Manfaat. Metamizole sodium merupakan obat golongan antiinflamasi/anti peradangan nonsteroid.

Dampak kepada ASI. Metamizole sodium dapat keluar melalui ASI dan dikontraindikasikan pada ibu menyusui.

Jika Mommy terlanjur atau terpaksa minum Metamizole sodium, sebaiknya jangan berikan ASI yang keluar dalam 48 jam setelah penggunaan dosis terakhir.

2. Aspirin

Manfaat. Meskipun tidak umum digunakan sebagai pereda demam, Aspirin sebenarnya memiliki kemampuan untuk meredakan demam.

Dampak kepada ASI. Penggunaan Aspirin dalam dosis besar dan jangka panjang sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui karena berisiko menyebabkan sindrom Reye’s yang dapat membahayakan bayi.

Pengobatan demam secara alami

Berikut adalah cara alami yang dapat Mommy lakukan untuk meredakan demam.

  • Kompres dahi dengan air hangat atau air biasa
  • Mandi air hangat
  • Perbanyak minum air mineral
  • Perbanyak istirahat

Demam tidak menular. Namun, sering kali demam merupakan gejala dari penyakit infeksi.

Sebagai tindakan pencegahan, selalu kenakan masker ketika bersama bayi.

Penulis :  apt. Silvia Dwi Puspa Susanti, S.Farm. Tim Penulis Mommy 101 disadur dari berbagai sumber.

Sumber

  1. Wolters Kluwer, 2021, Aplikasi Lexicomp Mobile (diakses tanggal 31 Mei 2021).
  2. Queensland Government. 2017. Breastfeeding and Drugs http://conditions.health.qld.gov.au/HealthCondition/condition/8/31/217/breastfeeding-and-drugs (diakses tanggal 18 Juni 2021)

Komentar

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa