Merencanakan Transisi

Mandi Sendiri Sejak Dini, Begini Tips Mengajarinya pada Anak

Ketika sudah saatnya anak berhenti mandi bersama kakak atau adiknya, ajarkan ia cara mandi sendiri dengan berbagai tips berikut.

Sebelum kakak adik berusia 4 tahun, tidak masalah bagi mereka untuk mandi bersama meskipun berbeda kelamin. Namun, ketika tiba waktunya untuk menghentikan kebiasaan tersebut, dan membiasakan mandi sendiri.

Mommy bisa mengatakan kepada kedua anak bahwa sekarang mereka sudah besar dan sudah saatnya belajar mandiri. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa Mommy lakukan untuk mengajarkan anak mandi sendiri:

1. Tunjukkan cara mandi yang benar

Mommy sebaiknya memberi tahu cara mandi yang benar agar badan bersih. Lebih baik lagi,  jika Mommy dapat menuntun anak untuk langsung melakukannya. Misalnya, langkah pertama adalah menyikat gigi, lalu mencuci rambut dengan sampo, kemudian menggosok tubuh dengan sabun, dan membilasnya.

2. Awasi anak saat mandi

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau anak mandi sendiri dengan asal-asalan, Mommy perlu selalu mengawasi anak pada tahap-tahap awal mengajari mereka mandi. Mommy harus mengawasi anak sampai mereka bisa membersihkan badannya sendiri dengan benar.

3. Biarkan anak menunjukkan kemampuannya

Cukup berikan satu sampai tiga kali instruksi. Selanjutnya, biarkan anak menunjukkan kemampuan mereka. Pujilah mereka jika sudah bisa melakukan cara mandi dengan benar.

4. Gunakan sabun cair

Supaya aktivitas mandi sendiri lebih mudah, sebaiknya gunakan sabun cair yang diletakkan dalam botol yang mudah dipencet agar anak lebih mudah mengeluarkan dan menggunakannya. Ajarkan mereka cara pemakaian sabun yang benar. Gunakan shower puff bila Mommy khawatir anak menggunakan terlalu banyak sabun.

6. Biarkan anak memilih perlengkapan mandi mereka

Supaya anak lebih bersemangat untuk belajar mandi, biarkan mereka memilih perlengkapan mandi mereka sendiri sesuai dengan kesukaan mereka, termasuk odol, sikat gigi, sabun, sampo, hingga handuk.

7. Selain itu, jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengajari anak tentang pendidikan seks

Jelaskan pada mereka tentang bagian tubuh mana yang menjadi privasi. Pendidikan seks yang dimulai sejak dini dapat membantu melindungi anak dari ancaman kejahatan seksual.

Mandi sendiri adalah salah satu keterampilan hidup yang harus dikuasai anak. Oleh karena itu, mulailah melatih kemampuan anak untuk mandi sendiri semenjak ia mampu berkomunikasi dengan baik atau sebelum ia memasuki usia Taman Kanak-Kanak.

Komentar

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa