Perencanaan Keuangan

Tips Liburan Hemat Agar Tak Membuat Kantong Jebol, Simak Yuk!

Meskipun anggaran minim, liburan keluarga tetap dapat terlaksana. Bagaimana caranya? Simak tips hemat liburan berikut ini.

Setiap keluarga perlu memiliki dana liburan yang khusus disisihkan untuk membiayai perjalanan selama berlibur. Besaran dana yang disisihkan tentu harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan masing-masing keluarga. Berikut beberapa tips liburan hemat yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran Mommy. Hati senang, kantong pun aman.

1. Meminimalkan biaya perjalanan

  • Rencanakan waktu liburan pada saat low season. Perhatikan juga, low dan high season di destinasi wisata yang bisa berbeda dengan di tempat tinggal Mommy. Jadi, meskipun Mommy merencanakan liburan tidak bertepatan dengan liburan sekolah, bisa saja di destinasi wisata sedang high season, sehingga harga tiket tetap tinggi. 
  • Cari tiket promo. Tiket yang dijual dengan harga miring ini umumnya terbatas sehingga Mommy harus rajin berburu dan segera membelinya begitu mendapatkannya. Selain itu, tips liburan hemat yang perlu diperhatikan juga bahwa waktu perjalanan untuk tiket promo biasanya masih lama dari waktu pembelian.
  • Gunakan maskapai berbiaya rendah. Namun, Mommy harus ingat bahwa maskapai berbiaya rendah akan membebankan biaya tambahan untuk bagasi dan makanan selama penerbangan. Selain itu, pastikan juga maskapai yang Mommy pilih memiliki riwayat keselamatan dan ketepatan waktu penerbangan yang baik.
  • Pilih jadwal penerbangan yang lebih murah karena kurang favorit, biasanya di pagi buta atau larut malam.

2. Meminimalkan biaya transportasi

  • Cari tahu transportasi yang paling murah untuk bepergian selama berada di destinasi liburan. Bandingkan antara biaya menggunakan taksi online vs. bus vs. kereta vs. sewa mobil.
  • Beli kartu transportasi khusus turis untuk tips liburan hemat Mommy sekeluarga. Biasanya, kartu-kartu transportasi seperti ini memiliki paket 3 atau 7 hari atau lebih yang bisa Mommy gunakan secara bebas untuk menaiki transportasi umum.
  • Jangan ragu berjalan kaki. Apabila tempat yang Mommy tuju masih memungkinkan untuk ditempuh dengan berjalan kaki, lakukanlah sembari menikmati pemandangan atau kesibukan kota.

3. Meminimalkan biaya makan

  • Cari rumah makan lokal, dan bukan restoran, yang ramai dikunjungi oleh penduduk setempat. Cobalah kunjungi situs-situs yang memberikan informasi tentang tempat makan yang lezat dengan harga terjangkau di destinasi liburan Mommy.
  • Sharing food. Apabila ingin mencicipi jajanan khas, sebaiknya beli sedikit saja untuk dimakan bersama-sama. Dengan melalukan tips liburan hemat ini, Mommy pun tetap bisa mencicipi beragam makanan dan menjaga timbangan tetap stabil.
  • Membawa air minum sendiri. Air minum bisa sangat mahal, jadi selalu siapkan botol minum untuk setiap anggota keluarga dan masak sendiri airnya saat di penginapan.

4. Meminimalkan biaya penginapan

  • Mencari penginapan di pinggir kota. Harga penginapan juga dipengaruhi oleh lokasi. semakin dekat dengan pusat kota, semakin mahal pula tarifnya. Namun, sebelum memutuskan, pertimbangkan tips liburan hemat yang satu ini demi kemudahan akses dari penginapan ke tempat-tempat wisata yang akan dituju. 
  • Memilih hostel dibanding hotel. Menginap di hostel berarti berbagi semua fasilitas dengan banyak orang lain. Namun, beberapa hostel juga menyediakan family room apabila Mommy tidak merasa nyaman apabila anak-anak harus berbagi kamar dengan orang-orang yang tidak dikenal.
  • Menyewa apartemen atau homestaySelain bisa lebih murah, banyak juga apartemen atau homestay yang menyediakan fasilitas dapur hingga mesin cuci. Fasilitas-fasilitas ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk menghemat biaya makan dan cuci, terutama bila Mommy bepergian dalam jangka waktu cukup lama.

5. Meminimalkan biaya komunikasi

  • Mengaktifkan layanan paket data internasional. Banyak operator yang memiliki layanan ini. Meskipun lebih mahal dibandingkan paket data biasa, tapi cara ini bisa menghemat biaya roaming internasional.
  • Beli kartu SIM lokal. Harga kartu SIM lokal umumnya sangat terjangkau, cara aktivasinya pun mudah, dan bisa disimpan selama Mommy mau.
  • Sewa pocket wifi. Mommy tidak perlu lagi repot bongkar pasang kartu SIM atau mencari koneksi wifi gratis saat liburan ke luar negeri. Asyiknya lagi, dengan mengikuti tips liburan hemat yang ini bisa memberi manfaat lebih karena pocket wifi bisa terhubung dengan beberapa ponsel sekaligus.

6. Meminimalkan biaya kunjungan tempat-tempat wisata

  • Cari tempat-tempat wisata yang gratis bisa menjadi salah satu pilihan tips liburan hemat buat Mommy. Anak-anak umumnya menyukai pantai atau taman karena mereka bisa bebas bermain. Selain itu, ada juga museum yang membebaskan biaya masuk pada hari-hari tertentu.
  • Membeli tiket secara online. Sejumlah taman bermain atau kebun binatang menjual tiket masuknya dengan harga yang lebih murah di toko-toko online. Pembelian online juga dapat mempercepat waktu antrean untuk memasuki tempat wisata tersebut.

7. Meminimalkan biaya belanja

  • Tentukan prioritas. Pastikan barang-barang yang dibeli memang dibutuhkan. Bukan sekadar karena harganya lebih murah atau tidak dijual di tempat tinggal Mommy. Liburan adalah saat untuk menambah pengalaman, sedangkan berbelanja bisa dilakukan dari mana saja.
  • Pastikan tidak sampai kelebihan bagasi. Setiap penambahan barang tentu akan menambah beban bagasi. Apabila bagasi kelebihan beban, akan mengakibatkan biaya tambahan yang tidak sedikit.
  • Cek harga salah satu hal penting dalam tips liburan hemat. Sebelum membeli, pastikan harganya memang jauh lebih murah dibandingkan bila membeli di tempat tinggal Mommy, baik secara offline maupun online. Bila membelinya di luar negeri, perhitungkan juga ketentuan bea masuk untuk barang pribadi penumpang.

8. Meminimalkan biaya oleh-oleh

  • Buat daftar oleh-oleh sesuai tips liburan hemat. Batasi memberikan oleh-oleh hanya untuk orang-orang terdekat. Dengan membuat daftar, diharapkan Mommy akan membeli oleh-oleh dalam jumlah yang tepat.
  • Cari tempat belanja yang murah. Setiap kota umumnya memiliki daerah khusus yang menjual benda-benda atau makanan-makanan khas dengan harga murah.
  • Belikan makanan dibanding barang. Oleh-oleh makanan dapat dinikmati bersama-sama, sehingga Mommy tidak perlu membeli satu untuk setiap orang.
  • Pertimbangkan untuk membuka jastip. Apabila ada teman atau kerabat yang memesan oleh-oleh, jangan sungkan untuk meminta mereka membayar pesanan tersebut. Mommy bahkan bisa meminta mereka membayar lebih sebagai biaya jasa titip. Jadi, Mommy pun bisa mendapatkan keuntungan.

Mommy juga bisa mengunjungi agen-agen perjalanan online untuk mencari tahu kisaran harga penginapan, transportasi, bahkan tempat-tempat wisata favorit.

Jangan lewatkan artikel lainnya seputar perencanaan dana liburan di TheMommy101.com dan jangan sampai ketinggalan update terbaru di akun instagram Mommy.101, ya.

Komentar

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa