Nutrisi

4 Perbedaan Gizi Seimbang vs 4 Sehat 5 Sempurna

Terdapat pada 4 pillar perbedaan antara pedoman gizi seimbang dibandingkan 4 sehat 5 sempurna. Apa saja? Yuk baca selengkapnya disini
4 Perbedaan Gizi Seimbang vs 4 Sehat 5 Sempurna

Sebelumnya, masyarakat Indonesia lebih mengenal konsep 4 Sehat 5 Sempurna yang diperkenalkan  pada tahun 1952, kini konsep tersebut dikembangkan dan disempurnakan menjadi Pedoman Gizi Seimbang . Berikut ini perbedaan gizi seimbang antara konsep 4 Sehat 5 Sempurna :

Susu bukan penyempurna

Konsep 4 Sehat 5 Sempurna memandang susu sebagai penyempurna. Sedangkan, konsep Pedoman Gizi Seimbang memandang susu sebagai salah satu sumber protein dan mineral yang dapat digantikan oleh jenis makanan lain.

Penjelasan mengenai porsi

Konsep 4 Sehat 5 Sempurna tidak menyertakan informasi jumlah yang harus dikonsumsi dalam sehari. Sedangkan, konsep Pedoman Gizi Seimbang  menjelaskan mengenai jumlah yang harus dikonsumsi setiap hari untuk setiap kelompok makanan.

Pentingnya minum air mineral

Konsep 4 Sehat 5 Sempurna tidak menjelaskan bahwa tubuh memerlukan air mineral dalam jumlah yang cukup. Sedangkan, konsep Pedoman Gizi Seimbang menjelaskan pentingnya kebutuhan minum air mineral kurang lebih 8 gelas per hari.

Pedoman Gaya Hidup

Pedoman Gizi Seimbang juga memperhatikan empat prinsip, yaitu:

  • membiasakan makan makanan yang beragam,
  • menjaga kebersihan,
  • selalu aktif dan rutin berolahraga
  • pemantauan berat badan.

Keanekaragaman Makanan

Mengikuti pola makan gizi seimbang berarti Mommy harus menyediakan berbagai jenis makanan dengan proporsi dan jumlah yang tepat disertai air minum untuk memperlancar metabolisme.

Keanekaragaman jenis makanan ini sangat penting agar tubuh bisa mendapatkan semua zat gizi yang diperlukannya. Kekurangan salah satu saja unsur zat gizi dapat menyebabkan tubuh mengalami gangguan. Begitu pun bila kelebihan salah satu unsur zat gizi.

Untuk mendapatkan manfaat pedoman gizi seimbang, Mommy harus jeli dalam mempersiapkan makanan untuk keluarga agar sesuai dengan pola makan seimbang dengan jumlah yang sesuai kebutuhan masing-masing anggota keluarga.

Untuk Mommy yang tertarik menerapkan pedoman gizi seimbang pada anak, yuk baca artikel selanjutnya tentang “Tips Menerapkan Pedoman Gizi Seimbang pada Anak”.

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa