Lain-lain

Berat Badan Ideal | Rumus dan Cara Menghitung

Berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko terserang penyakit. Apakah berat badan Mommy sudah ideal? Inilah cara mudah menghitung berat badan ideal.

Memiliki berat badan ideal adalah impian setiap orang. Tidak hanya soal penampilan, namun berat badan ideal identik dengan tubuh yang sehat.

Sebaliknya, kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko seseorang terserang berbagai penyakit, seperti stroke, jantung koroner, hipertensi dan kencing manis.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa Mommy gunakan untuk menghitung berat badan ideal.

 

1. Metode Broca

Metode Broca dikembangkan oleh Pierre Paul Broca tahun 1871. Berikut caranya menghitung berat badan ideal menggunakan metode Broca.

Berat Badan Ideal Pria:

Rumus :

Berat badan ideal (kg): [Tinggi (cm) – 100] – ([Tinggi (cm) – 100] x 10%)

Contoh:

Berat badan ideal untuk laki-laik dengan tinggi badan 180 cm adalah (180-100) – ([180-100] x 10%), 80 – 8= 72 kg.

Berat Badan Ideal Wanita:

Rumus :

Perempuan: [Tinggi (cm) – 100] – ([Tinggi (cm) – 100] x 15%)

Contoh:

Berat badan ideal untuk wanita dengan tinggi badan 170 cm, adalah (170-100) – ([170-100] x 15%), 70-10,5=  59,5 kg

Meskipun sangat sederhana, namun metode ini sudah tidak banyak digunakan. Cara menghitung berat badan ideal dengan pengukuran Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh lebih direkomendasikan.

 

2. Body Mass Index (BMI) atau Indeks Masa Tubuh (IMT)

Body Mass Index (BMI) atau Indeks Masa Tubuh (IMT) adalah salah satu cara menghitung berat badan ideal yang cukup populer, menggunakan data berat dan tinggi badan.

Kelemahan metode ini adalah tidak dapat membedakan antara lemak dan massa otot, namun cara ini cukup untuk memberikan perkiraan risiko kesehatan bagi kebanyakan orang.

Hasil perhitungan BMI yang tinggi berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit kronis.

Rumus Berat Badan Ideal dengan IMT

BMI (kg/m2) = Berat badan (kg) : [Tinggi badan (m)]2

Contoh:

Seseorang dengan berat badan 60 kg dan tinggi badan 160 cm, maka perhitungan

BMI 60 : (1,6)2 = 23,4 kg/ m2 dan tergolong normal.

Interpretasi Hasil:

  • BMI <18,5 kg/m2 : Kurus (underweight)

  • BMI 18,5-24,9 kg/m2: Normal

  • BMI 25-29,9 kg/m2: Kelebihan berat badan (overweight)

  • BMI >30 kg/m2: Obesitas

 

3. Waist to Hip Ratio

Metode Waist to Hip Ratio (WHR) bertujuan untuk mengukur lemak yang tersimpan di bagian pinggul, pinggang dan bokong. Langkah-langkah yang harus dilakukan, antara lain:

  • Ukur lingkar pinggul (hip circumference) dengan menggunakan pita pengukur. Letakkan di bagian terluas di pinggul dan bokong.

  • Ukur lingkar pinggang (waist circumference). Letakkan pita pengukur di sekitar bagian terkecil di atas pusar dan bernapas secara normal. Bagian ini merupakan garis pinggang alami Mommy.

Rumus  Berat Badan Ideal dengan Waist to Hip Ratio

Waist to Hip Ratio (WHR)= Lingkar pinggang (cm) : Lingkar pinggul (cm)

Contoh: Wanita dengan lingkar pinggang 80 cm dan lingkar pinggul 100 cm, memiliki WHR sebesar 0,8 dan tergolong risiko rendah.

Interpretasi Hasil

Risiko kesehatan Laki-laki Perempuan
Rendah ≤0,95 ≤0,80
Sedang 0,96-1,0 0,81-0,85
Tinggi ≥1,0 ≥0,86

Berdasarkan laporan oleh National Health Service (NHS), pengukuran WHR dapat lebih akurat dibandingkan BMI dalam menentukan risiko penyakit jantung dan kematian dini.

 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Mengapa penting untuk mencapai berat badan ideal?

Dengan berat badan yang ideal Mommy dapat mencapai kualitas hidup yang lebih baik dan biasanya akan lebih sehat dan berusia lebih panjang, karena dapat terhindar dari risiko kematian muda yang disebabkan oleh penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular (jantung), kencing manis atau diabetes mellitus tipe 2 dan kanker.

 

Apakah berat badan ideal sama untuk setiap orang?

Tidak, setiap orang dapat memiliki ukuran yang berbeda mengenai berat badan ideal. Beberapa hal yang mempengaruhi adalah jenis kelamin dan tinggi badan seseorang. Selain itu, berat badan ideal juga dapat bervariasi sesuai dengan usia, massa otot dan latar belakang etnis.

 

Apakah ada cara untuk menurunkan berat badan dengan cara?

Jika Mommy menonton televisi, beberapa produk akan menawarkan penurunan berat badan dalam waktu singkat.

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan berat badan yang terlalu cepat tidak akan bertahan lama.

Program penurunan berat badan yang paling baik dan efektif adalah dengan menetapkan tujuan yang ingin dicapai secara realistis, konsumsi makanan dan minuman sehat, aktif secara fisik serta berolahraga teratur.

 

Makanan apa yang harus dikonsumsi untuk mencapai berat badan ideal?

Mencapai dan mempertahankan berat badan ideal merupakan pencapaian jangka panjang. Jadi, diperlukan komitmen untuk terus menerapkan pola hidup sehat.

Mommy dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan menerapkan kebiasaan makan yang sehat, seperti perbanyak konsumsi buah dan sayur, biji-bijian, dan protein hewani rendah lemak. Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan air.

 

Makanan apa yang harus dihindari ketika ingin menurunkan berat badan?

Jika ingin mencapai berat badan ideal, maka Mommy harus mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, seperti makanan tinggi lemak jenuh, tinggi gula, garam atau alkohol. Beberapa contoh makanan tersebut, yaitu kue, biskuit, permen, coklat, mentega, keripik, krim, dan soft drink.

Itulah 3 cara mudah untuk menghitung berat badan ideal sebagai acuan bagi Mommy untuk mencapai berat badan ideal. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin agar berat badan tidak berlebih.

 

Ditulis oleh : apt. Novita, S.Farm., M.Farm.

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa