Lain-lain

Insulin | Pengertian, Fungsi, Tipe dan Cara Menggunakan Insulin Suntik

Insulin, pengertian, indikasi, tipe, efek samping, cara penggunaan dan cara penyimpanan insulin suntik.

Pengertian

Insulin merupakan hormon yang dihasilkan sel-β pankreas di dalam tubuh. Insulin berfungsi untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi dan menyimpan cadangan energi untuk digunakan ketika dibutuhkan.

 

Diabetes dan Insulin

Penderita diabetes atau kencing manis merupakan kondisi ketika tubuh tidak dapat menghasilkan insulin dalam jumlah cukup, sehingga membutuhkan insulin tambahan dari luar tubuh. Tanpa insulin, glukosa atau gula tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh, sehingga sel tubuh menjadi kekurangan energi.

 

Suntik Insulin

Suntikan insulin digunakan sebagai pengobatan untuk penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yang membutuhkan kombinasi obat diabetes oral dan suntikan insulin.

 

Tipe Insulin

Terdapat beberapa tipe insulin yang bervariasi pada waktu mulai kerja (onset), lama mencapai puncak kerja dan durasi kerja insulin.

  • Insulin kerja cepat (rapid acting), contoh: insulin aspart, glulisin, lispro

  • Insulin kerja pendek (short acting), contoh: insulin regular

  • Insulin intermediet (intermediate acting), contoh: insulin NPH

  • Insulin kerja panjang (long acting), contoh: insulin glargine, detemir

  • Ultra long acting, contoh: Insulin degludec

 

Efek Samping Suntik Insulin

Penggunaan suntikan insulin dapat menyebabkan beberapa efek samping, antara lain:

  • Hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah

Ditandai dengan perasaan cemas, penglihatan kabur, keringat dingin, kebingungan, kulit pucat dan terasa dingin, sulit berkonsentrasi, merasa lapar, denyut jantung cepat, pusing, mual dan gemetar.

  • Peningkatan berat badan

  • Reaksi alergi (jarang)

  • Nyeri di daerah suntikan

 

Cara Penggunaan Suntik Insulin

Cara penyuntikan insulin yang benar juga harus diperhatikan agar pengobatan efektif. Insulin diberikan melalui suntikan subkutan atau intravena.

Namun, penyuntikan intravena biasanya dilakukan untuk pasien yang dirawat di rumah sakit, sedangkan untuk penggunaan sehari-hari diberikan secara subkutan.

Berikut adalah langkah-langkah penyuntikan insulin pen di rumah.

  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir

  • Umumnya insulin berwarna jernih. Namun, insulin tertentu memiliki warna keruh seperti susu. Mommy harus mencampurnya terlebih dahulu dengan digulung beberapa kali dengan kedua tangan. Jangan mengocok insulin terlalu keras.

  • Lepaskan penutup insulin

  • Pasang jarum insulin dan buka penutupnya

  • Pada penggunaan awal, dilakukan tes dosis dengan memutar 1-2 unit dosis. Posisikan pen insulin menghadap ke atas dan tekan tombol suntik sambil diamati keluarnya insulin. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan udara dan mengecek jarum berfungsi dengan baik. Layar dosis akan kembali ke angka 0.

  • Putar pengaturan dosis sesuai anjuran dokter

  • Bersihkan daerah yang akan disuntik menggunakan tisu alkohol. Daerah penyuntikan insulin dapat dilihat pada gambar sebelumnya dan hindari menyuntik insulin di lokasi yang sama untuk mencegah kerusakan jaringan.

  • Suntik insulin tegak lurus dan tekan tombol suntik

  • Biarkan jarum tetap berada di posisinya selama 10 detik untuk memastikan semua dosis insulin sudah masuk

  • Cabut pen insulin

  • Buang jarum dalam keadaan tertutup

  • Simpan insulin di suhu ruang dan terlindung dari cahaya matahari.

 

Cara Penyimpanan Insulin

Insulin yang belum terpakai disimpan di suhu kulkas 2-8°C, bukan di freezer dan bertahan sampai waktu kadaluwarsa. Insulin yang beku tidak dapat digunakan kembali.

Sedangkan insulin yang telah terpakai dapat disimpan pada suhu ruang, terlindung dari cahaya dapat bertahan selama 28 hari.

Pada penderita diabetes yang menggunakan insulin. Konsumsi makanan dan aktivitas dapat berpengaruh pada kebutuhan insulin. Oleh karena itu, juga sangat penting untuk mengetahui penyesuaian dosis insulin sesuai kebutuhan untuk menghindari risiko gula darah yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu insulin dan fungsinya?

Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh sel-β pankreas di dalam tubuh. Insulin berfungsi untuk membantu gula di dalam darah masuk ke dalam sel tubuh, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi energi.

Selain itu, insulin juga berfungsi untuk menyimpan kelebihan gula yang kita makan menjadi cadangan energi dalam bentuk glikogen.

 

Apa yang dimaksud dengan resistensi insulin?

Resistensi insulin adalah kondisi ketika tubuh tidak dapat merespon sinyal dari hormon insulin, sehingga gula di dalam darah tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh.

Resistensi insulin biasanya dipicu oleh beberapa masalah, seperti obesitas, darah tinggi, kolesterol dan diabetes tipe 2. Resistensi insulin dapat diperbaiki dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti latihan fisik dan perubahan pola makan.

 

Apa efek samping dari suntik insulin?

Suntik insulin dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti:

  • Hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah di bawah nilai normal atau <70 mg/dl, ditandai dengan perasaan cemas, penglihatan kabur, keringat dingin, kebingungan, pusing, mual, gemetar.

  • Peningkatan berat badan

  • Nyeri di daerah suntikan

  • Reaksi alergi (jarang terjadi)

 

Apakah pemakaian insulin bisa dihentikan?

Bagi penderita diabetes tipe 2, suntikan insulin bisa saja dihentikan jika gula darah sudah membaik dan kontrol gula darah bisa dicapai dengan penggunaan obat diabetes yang diminum, serta pasien tidak memiliki kontraindikasi untuk menggunakan obat diabetes.

Namun, pada penderita diabetes tipe 1, pankreas tidak bisa memproduksi insulin, sehingga penderita harus mendapatkan suntik insulin seumur hidup.

 

Apa yang dimaksud dengan glukagon?

Glukagon adalah hormon yang diproduksi oleh sel alpha pankreas. Berkebalikan dengan hormon insulin, glukagon berfungsi untuk meningkatkan kadar gula dan lemak di dalam darah. Insulin dan glukagon bekerja sama untuk menyeimbangkan kadar gula darah.

Selain diproduksi di dalam tubuh, hormon glukagon juga tersedia dalam bentuk suntikan yang diberikan pada penderita hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah.

 

Ditulis oleh : apt. Novita, S.Farm., M.Farm.

Sumber

  1. Mayo Clinic. Insulin (Parenteral Route) [Internet]: Available from: https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/insulin-parenteral-route/description/drg-20069501
  2. Mayo Clinic. Insulin: Compare common option for insulin therapy [Internet]: Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/insulin/art-20050970
  3. Dana WJ, Fuller MA, Goldman MP, Golembiewski JA, Gonzales JP, Lowe JF, et al. Drug Information Handbook. 25th ed. Lexicomp;
  4. Insulin Resistance [Internet]. Available from: https://en.wikipedia.org/wiki/Insulin_resistance
  5. Glucagon [Internet]. Available from: https://en.wikipedia.org/wiki/Glucagon

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa