Kakak & Adik

Memandikan Anak Berbeda Jenis Kelamin, Adakah Pro dan Kontranya?

Mommy perlu tahu pro dan kontra tentang memandikan anak berbeda jenis kelamin secara bersamaan. Cek artikel berikut untuk penjelasan lengkapnya.

Sebagian Mommy memutuskan untuk memandikan anak dalam waktu yang bersamaan guna menghemat waktu, dengan mengesampingkan jenis kelamin mereka. Selain menghemat waktu, aktivitas mandi bersama saat di usia dini ini juga bisa Mommy manfaatkan untuk melatih berbagai keterampilan pada anak.

Namun, Mommy juga harus menyadari bahwa jika kebiasaan memandikan anak bersama dibiarkan, akan ada dampak negatifnya, terutama jika mereka berbeda jenis kelamin. Oleh karena itu, sebaiknya kebiasaan ini dihentikan saat salah seorang di antara mereka mencapai usia 4 tahun, mulai merasa tidak nyaman, atau mulai banyak bertanya tentang bagian tubuh saudaranya yang berbeda.

PRO

1. Melatih keterampilan sosial-komunikasi

Memandikan anak bersama dapat membangun keakraban antara kakak dan adik. Buat agar mandi bersama menjadi rutinitas yang menyenangkan bagi anak dengan cara membiarkan mereka bermain sesaat di waktu mandi. Kakak dan adik yang kerap bermain bersama dan berbagi kenangan indah bersama cenderung memiliki hubungan yang lebih baik di masa depan dan juga hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

2. Melatih keterampilan berbagi

Saat memandikan anak bersama, sediakan berbagai mainan yang bisa anak-anak mainkan. Ajari anak untuk memainkan mainan-mainan itu secara bergantian. Jangan lupa, beri mereka pujian ketika bersedia menukar mainan yang sedang dipegang untuk diberikan kepada si adik atau kakak.

3. Melatih keterampilan menunggu giliran

Meskipun memandikan anak bersama, Mommy tentu tetap tidak bisa mengurusi mereka secara berbarengan. Mommy harus menyabuni, mengeramasi, membilas tubuh mereka secara bergantian. Ini adalah kesempatan yang baik untuk mengajari mereka tentang menunggu saat belum tiba giliran mereka.

4. Melatih keterampilan menyelesaikan masalah 

Sebaiknya Mommy jangan terlalu sering mengintervensi komunikasi di antara anak. Biarkan mereka terlebih dulu belajar untuk memutuskan dan menyelesaikan sendiri masalah mereka.

Baca Juga: Mandi Bersama Saudara Berbeda Jenis Kelamin, Bolehkah Dilakukan?

KONTRA

1. Anak akan terpancing untuk memainkan alat kelaminnya 

Dengan seringnya melihat alat kelamin lawan jenisnya. Meskipun ia belum bisa mengasosiakan pikirannya terlalu jauh, ia akan cenderung mengulanginya bila merasa pengalaman tersebut memberikannya kenikmatan.

2. Anak akan sulit memahami batasan privasinya.

Mungkin saja karena Mommy terbiasa memandikan anak yang bersama berbeda jenis kelamin. Anak akan menganggap normal bertelanjang di depan orang lain.

3. Proses kemandirian anak akan terhambat.

Ketika tiba saatnya anak berhenti mandi bersama, itulah saatnya anak belajar mandi sendiri. Ini adalah salah satu keterampilan hidup yang harus dikuasainya.

4. Anak menjadi korban dan pelaku pelecehan seksual.

Bukan tidak mungkin anak akan bersikap agresif secara seksual terhadap saudara kandungnya sendiri. Oeh karena itu, segera hentikan aktivitas memandikan anak bersama jika Mommy merasa salah seorang dari mereka mulai tidak fokus pada aktivitas mandi atau bermain, alih-alih lebih banyak memperhatikan tubuh saudaranya.

Sebenarnya, Mommy tidak perlu khawatir berlebihan, karena normalnya kakak akan memutuskan sendiri kapan ia tidak mau lagi mandi bersama adiknya yang berbeda kelamin sebelum usia 4 tahun tanpa perlu Mommy intervensi. Ketika ini terjadi, berikan pengertian pada adik tanpa harus membesar-besarkannya.

Untuk mendapatkan informasi tentang hubungan kakak dan adik lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya di TheMommy101.com dan juga ikuti terus kabar terbaru lainnya melalui akun Instagram Mommy.101.

Komentar

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa