Kakak & Adik

Sibling Rivalry : Tanda Saat Adik Cemburu Kepada Kakak

Adik juga bisa cemburu pada sang kakak. Kenali ciri-cirinya lebih dalam, guna mengatasi terjadinya sibling rivalry yang berlebihan.
Sibling Rivalry : Tanda Saat Adik Cemburu Kepada Kakak

Dengan mengenali tanda-tanda kecemburuan sedini mungkin, tentunya Mommy dapat meminimalkan intensitas dan frekuensi sibling rivalry. Berikut adalah ciri-ciri adik merasa cemburu pada kakak, yang perlu Mommy kenali:

1. Tidak suka bila kakak diperhatikan

Apakah adik suka marah apabila Mommy memeluk atau mencium kakak? Hal ini bahkan umum ditemukan sejak adik masih bayi. Ya, bayi pun bisa merasakan senangnya mendapatkan perhatian dan kesalnya bila perhatian tersebut teralihkan. Oleh karena itu, usahakan bila Mommy sedang bersama dengan anak-anak, sebagai orang tua usahakan tidak ada satu pun yang diperlakukan istimewa.

Apabila yang satu dipeluk, yang lain juga harus dipeluk. Apabila yang satu dicium, yang lain juga harus mendapatkan ciuman. Sebagai orang tua berlakulah sama pada setiap anak, sehingga ketika usia mereka bertambah, mereka akan semakin memahami bahwa cinta Mommy pada kakak tidak akan mengurangi cinta Mommy pada adik, dan sebaliknya. 

Baca Juga: Kecemburuan Antar Saudara dan 7 Penyebab Terjadinya

2. Berulang kali mengeluhkan ketidakadilan Mommy

Misalnya kakak mendapatkan uang jajan lebih besar atau dibelikan ponsel, adik bisa saja merasa cemburu dan mengatakan bahwa Mommy telah berlaku tidak adil. Namun, penyelesaiannya bukan dengan memberikan uang jajan yang sama besar atau membelikan adik ponsel yang sama.

Hal ini tentu saja malah tidak adil untuk kakak. Sebaiknya, penentuan-penentuan semacam ini ditegakkan dalam peraturan keluarga oleh orang tua, seperti ‘Anak boleh mendapatkan ponsel ketika berusia 10 tahun’. Sehingga, kakak maupun adik tidak akan merasa diperlakukan tidak adil.

3. Saling mengadukan kesalahan satu sama lain

Ketika adik suka mengadukan kesalahan kakak kepada orang tua, baik secara terang-terangan maupun diam-diam, itu tandanya ada konflik di antara mereka. Biasanya, adik melakukan hal itu agar kakak mendapatkan hukuman dari Mommy karena ia merasa selalu kalah bila berhadapan langsung dengan kakak.

Sehingga, ia kerap mencari-cari kesalahan kakak. Bila ini terjadi, orang tua sebaiknya jangan menyepelekan alasan di balik aduan tersebut.

4. Bersaing dalam nilai dan hal-hal lainnya

Apabila adik suka mencemooh perihal nilai dan prestasi kakak, atau ketika adik berusaha keras berprestasi hanya demi mengalahkan kakak, itu berarti adik menganggap anak yang lebih baik akan mendapatkan lebih banyak perhatian.

Baca Juga: Kakak dan Adik Memiliki Ciri-ciri Tertentu Saat Mengalami Sibling Rivalry?

Sebagai orang tua, jangan pernah membandingkan prestasi anak walaupun dengan niat untuk memotivasi. Selalu katakan bahwa setiap individu berbeda dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing sehingga harus saling melengkapi. Semoga tips ini berhasil Mommy.

Komentar

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa