Kakak & Adik

Kegiatan Mandi Bersama Saudara, Serta Peraturan yang Perlu Ditegakkan

Mommy perlu menegakkan peraturan-peraturan berikut ini saat kegiatan mandi bersama dengan kakak atau adik berbeda jenis kelamin dilakukan.

Kegiatan mandi bersama dengan kakak atau adik bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Juga bisa menguntungkan Mommy karena bisa menghemat waktu memandikan anak sehingga Mommy memiliki waktu me time sesaat. Apalagi, bila kegiatan mandi bersama ini membuat mereka lebih mudah untuk disuruh mandi.

Namun, bila anak-anak berbeda jenis kelamin, ada beberapa hal yang perlu Mommy perhatikan saat membiarkan mereka mandi bersama:

1. Hindari membahas perbedaan bentuk tubuh secara detail

Ketika rasa ingin tahu anak timbul, dan mereka bertanya tentang perbedaan bentuk tubuh, bersikaplah santai. Manfaatkan kesempatan ini untuk menjelaskan pada anak tentang perbedaan jenis kelamin dan bahwa antara laki-laki dan perempuan memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Namun, berhenti sampai di situ tanpa perlu membahas lebih lanjut.

2. Perhatikan tingkat kenyamanan masing-masing anak

Jika ada salah seorang anak yang mulai tampak tidak nyaman, sebaiknya Mommy coba diskusikan apa yang membuatnya tidak nyaman. Apakah ia masih ingin melakukan kegiatan mandi bersama saudaranya atau tidak.

3. Jangan biarkan anak buang air kecil di depan kakak atau adiknya

Selain mengajarkan tentang etika, melarang anak untuk buang air kecil di depan kakak atau adiknya juga mencegah mereka memperhatikan organ intim satu sama lain dan membahas lebih lanjut tentang perbedaan tubuh mereka. 

4. Jangan biarkan anak saling menyentuh organ intim satu sama lain

Saat kegiatan mandi berlangsung ajarkan pada anak bahwa tubuh mereka adalah privasi mereka, terutama di bagian-bagian tertentu. Katakan pada mereka bahwa organ intim mereka harus disimpan sendiri, orang lain tidak boleh menyentuhnya dan mereka juga tidak boleh menyentuhnya saat di depan orang lain.

5. Pastikan keselamatan anak di kamar mandi

Berbeda gender ataupun tidak, ketika anak mandi bersama, Mommy harus memberikan pengawasan yang lebih melekat. Anak mungkin belum terlalu memahami bahaya, padahal dengan lantai yang licin atau adanya keran air panas, risiko kecelakaan di kamar mandi cukup tinggi. Dan, ketika kegiatan mandi bersama berlangsung, mereka akan bermain dan bercanda tanpa memedulikan bahaya tersebut.

Di luar menetapkan aturan-aturan tersebut, Mommy juga harus senantiasa mengawasi kematangan seksual anak. Apabila salah satu di antara anak mulai kerap memainkan organ intimnya atau memperhatikan organ intim saudaranya, hentikan kebiasaan kegiatan mandi bersama ini. Atau, hentikan saat mereka mencapai usia 4 tahun.

Untuk mendapatkan informasi tentang hubungan kakak dan adik lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya di TheMommy101.com dan juga ikuti terus kabar terbaru lainnya melalui akun Instagram Mommy.101.

Komentar

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa