Anda & Suami

Perbedaan Pola Asuh Anak Antar Orang Tua, Seperti Apa Ciri-cirinya?

Apakah Mommy dan pasangan sudah kompak dalam mempraktikkan pola asuh? Atau justru terjadi perbedaan pola asuh anak?
Perbedaan Pola Asuh Anak Antar Orang Tua, Seperti Apa Ciri-cirinya?

Dalam dunia parenting, dikenal istilah pola asuh, yang menggambarkan bagaimana orang tua merespons dan menuntut anak.

Ada 4 macam pola asuh, yaitu otoriter, otoritatif, permisif, dan abai. Idealnya, sebagai satu tim, pasangan orang tua meyakini satu pola asuh yang sama. Namun pada kenyataannya, banyak pasangan orang tua mempraktikkan adanya perbedaan pola asuh. 

1. Pasangan orang tua otoritatif dan otoriter 

Pasangan orang tua ini mungkin beradu pendapat tentang apa, kapan, dan seberapa berat hukuman untuk anak. Mereka juga bisa tidak sepakat tentang pemberian imbalan ketika anak berperilaku baik.

Baca Juga: Tips Pola Asuh Anak yang Perlu Diketahui Oleh Orang Tua

2. Pasangan orang tua permisif dan otoritatif

Pasangan orang tua ini mungkin sepaham tentang kebutuhan anak akan cinta dan kasih sayang orang tua. Namun, mereka bisa memiliki perbedaan pola asuh tentang aturan mana yang yang harus ditegakkan dan bagaimana menerapkannya pada anak.

3. Pasangan orang tua permisif dan abai 

Orang tua permisif ingin memberikan banyak cinta kepada anaknya. Sedangkan orang tua abai tidak atau sedikit menginginkan interaksi substantif dengan anak. Perbedaan pola asuh anak ini bisa membuat orang tua permisif merasa kewalahan dengan banyaknya perhatian yang harus ia berikan. 

4. Pasangan orang tua otoritatif dan permisif 

Orang tua otoritatif dan permisif bisa berbeda pendapat tentang kapan dan apakah harus menghukum anak. Orang tua permisif bisa menganggap pasangannya yang otoritatif bersikap kejam terhadap anak. Sebaliknya, orang tua otoritatif menganggap pasangannya yang permisif tidak peduli dengan anak.

5. Pasangan orang tua otoriter dan abai 

Orang tua otoriter mengerahkan upaya yang sangat besar dalam mengasuh anak. Ia memberikan banyak panduan kepada anak. Sebaliknya, orang tua abai cenderung untuk tidak ikut campur dalam urusan anak. 

Baca Juga: Pola Asuh Anak Terbagi Menjadi 4 Jenis, Apa Sajakah Itu

Meskipun idealnya orang tua satu suara dalam mengasuh anak, perbedaan pola asuh  sangat mungkinterjadi. Latar belakang gaya pengasuhan di masa kecil menjadi faktor yang memengaruhi pola asuh Mommy dan pasangan.

Jika Mommy mengalami perbedaan pola asuh yuk baca lebih lanjut tentang dampak perbedaan pola asuh dan cara mengatasi perbedaan pola asuh.

Komentar

TestiMommy

Slide Image

Senang sekali dengan informasi yang ada dalam website ini

Mama Arka