Nutrisi

2 Pedoman Mudah Menyusun Gizi Seimbang

Kebutuhan nutrisi harus dipenuhi melalui pedoman gizi seimbang. Mommy bisa menggunakan panduan Tumpeng Gizi Seimbang atau Panduan Piring Makanku.
2 Pedoman Mudah Menyusun Gizi Seimbang

Dulu, kita mengenal konsep 4 Sehat 5 Sempurna, Namun, konsep 4 Sehat 5 Sempurna ini tidak lagi relevan. Oleh karenanya, pemerintah mengeluarkan Pedoman Gizi Seimbang  yaitu pedoman pengonsumsian makanan sehari-hari yang didasarkan pada angka kecukupan jenis makanan dan jumlah zat gizi sesuai usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan.

Untuk menerapkan Pedoman Gizi Seimbang ini, Mommy bisa menggunakan Tumpeng Gizi Seimbang atau Panduan Piring Makanku.

Tumpeng Gizi Seimbang atau Piramida Gizi Seimbang

Tumpeng gizi seimbang atau piramida gizi seimbang memberikan panduan pola makan dalam satu hari.

Makanan Pokok

Lapisan terbawah dari tumpeng gizi adalah makanan pokok sebagai sumber karbohidrat, berupa nasi, jagung, singkong, dan umbi-umbian lainnya. Dalam 1 hari, disarankan untuk mengonsumsi 3-4 porsi. Sebagai contoh, untuk anak usia 1 tahun sampai 13 tahun, yang disebut dengan 1 porsi nasi berkisar antara 1-12 sendok makan.

Buah dan Sayuran

Lapisan kedua terbawah adalah buah dan sayuran sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat. Dalam 1 hari, disarankan untuk mengonsumsi buah sebanyak 2-3 porsi, sedangkan sayur sebaiknya dikonsumsi 3-4 porsi dalam 1 kali makan. Sebagai contoh, 1 porsi buah untuk anak usia 1-13 tahun adalah 175-262 gr. Sedangkan 1 porsi sayuran untuk anak usia 1-13 tahun adalah 172-575 gr.

Sumber Lemak dan Protein

Lapisan di atas buah dan sayur adalah makanan sumber lemak dan protein, baik hewani maupun nabati. Daam 1 hari, disarankan untuk mengonsumsi 2-4 porsi protein. Sebagai contoh, 1 porsi protein untuk anak usia 1-13 tahun adalah 42-140gr.

Garam, Gula & Minyak

Di puncak tumpeng adalah garam, gula, dan minyak. Dalam 1 hari, disarankan maksimal mengonsumsi 4 sdm gula, 1sdt garam, dan 5 sdm makan minyak.

Air Putih

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih sekitar 8 gelas per hari.

 

Piring Makanku

Piring makanku merupakan acuan sajian sekali makan dalam satu piring. Dalam piring makanku, tersaji asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral seimbang.

Panduan Piring Makanku

 

  • 1/2 dari piring makan terdiri dari sayur dan buah-buahan dengan beragam jenis dan warna.
  • 1/4 dari piring makan diisi dengan protein, baik ikan, ayam, atau daging merah.
  • 1/4 dari piring makan berupa karbohidrat, berupa nasi, kentang, atau umbi-umbian.
  • Batasi penggunaan gula, garam, dan lemak.
  • Jangan lupa minum air putih yang cukup.

Pedoman Gizi Seimbang sangat penting untuk diterapkan tidak hanya untuk  anak namun juga usia dewasa hingga Ibu hamil. Selain mengonsumsi pola makan gizi seimbang, pastikan juga berolahraga secara teratur agar kesehatannya selalu terjaga. Bagi Mommy yang ingin menerapkan Pedoman Gizi Seimbang yuk baca lebih lanjut tentang Tips Menerapkan Gizi Seimbang.

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa