Nutrisi

8 Tips Menerapkan Pola Makan Gizi Seimbang

Membiasakan pola makan gizi seimbang adalah hal yang menantang. Tips berikut membantu Mommy membiasakan makanan gizi seimbang untuk keluarga.
8 Tips Menerapkan Pola Makan Gizi Seimbang

Pedoman gizi seimbang dalah pedoman pengonsumsian makanan sehari-hari yang didasarkan pada angka kecukupan jenis makanan dan jumlah zat gizi sesuai usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan.

Membiasakan  untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang  sangat penting untuk segala usia. Apa yang bisa Mommy lakukan dalam menerapkan pedoman gizi seimbang? Berikut tips gizi seimbang.

Memastikan variasi masakan.

Selain memastikan ketersediaan lima kelompok pangan setiap harinya, yakni makanan pokok, lauk-pauk, sayur, buah, serta minuman, Mommy juga perlu berkreasi dengan berbagai variasi masakan. Hal ini untuk mencegah  cepat merasa bosan, khususnya pada anak. Selain itu, mungkin saja ada jenis-jenis makanan yang sebelumnya ditolak anak, tetapi ketika diolah dengan cara yang berbeda, anak bisa menyukainya.

Kenalkan pada sayur dan buah sedini mungkin.

Sejak dini, kenalkan anak pada sayur dan buah-buahan. Jadikan sayur dan buah menjadi makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Batasi makanan tinggi gula, garam, dan lemak.

Asupan harian gula yang dianjurkan tidak lebih dari 50 g (4 sendok makan), garam tidak lebih dari 2000 mg ( 1 sendok teh), dan lemak atau minyak total tidak lebih dari 67 g (5 sendok makan). Oleh karena itu, hindari makanan-makanan yang kaya akan gula, garam, ataupun lemak, seperti makanan cepat saji, camilan, atau kue. Lebih baik ganti camilan anak dengan buah-buahan.

Biasakan sarapan.

Sarapan merupakan bekal penting untuk mengawali hari. Dengan sarapan yang cukup, anak akan terhindar dari kelaparan saat beraktivitas hingga tiba waktunya makan siang. Sehingga nafsu untuk ngemil pun dapat dikendalikan.

Minum air putih yang cukup.

Air putih penting untuk mendukung berbagai aktivitas fisiologis tubuh. Menurut Pedoman Gizi Seimbang, rata-rata orang Indonesia perlu meminum sekitar delapan gelas air putih setiap harinya. Oleh karena itu, selalu biasakan anak minum air putih di sela-sela aktivitasnya, tidak hanya saat waktu makan.

Perhatikan label makanan.

Selain untuk mengecek tanggal kedaluarsa produk, Mommy juga perlu mengetahui komponen gizi dari produk makanan olahan dengan membaca pada label kemasannya.

Sesuaikan kebutuhan kalori dengan jenis kelamin dan usia.

Jenis kelamin dan usia merupakan faktor penting yang harus dijadikan pertimbangan dalam menyiapkan makanan gizi seimbang. Kebutuhan kalori antara anak laki-laki dengan anak perempuan tentu berbeda. Begitupun untuk orang dewasa, ibu hamil, menyusui dan tida hamil menyusui memiliki kebutuhan kalori yang berbeda.

Perhatikan Cara Masak

Hindari sering-sering mengolah makanan dengan cara digoreng karena minyak berlebih yang terkandung dalam gorengan dapat memicu kolesterol. Perhatikan juga bila mengolah makanan dengan cara direbus karena sejumlah nutrisi cepat larut dalam air. Lebih baik, olah makanan dengan cara dikukus. Untuk buah-buahan, pastikan mencucinya dulu hingga bersih sebelum dikonsumsi guna menghilangkan pestisida yang menempel.

Gaya Hidup

Selain pola makan, pada pedoman gizi seimbang 4 prinsip gaya hidup yang harus  diterapkan pola makan yang seimbang, yaitu :

  • Mengonsumsi makanan yang beragam.
  • Membiasakan pola hidup bersih.
  • Melakukan aktivitas fisik dengan rutin berolahraga.
  • Mempertahankan dan memantau berat badan.

Selain menerapkan tips di atas, sebaiknya Mommy  memberikan contoh pada anak nikmatnya mengonsumsi makanan gizi seimbang. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pedoman gizi seimbang yuk baca lebih lanjut artikel Panduan Menyusun Pola Makan Seimbang .

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa