Nutrisi

8 Manfaat Utama Gizi Seimbang

Gizi seimbang penting untuk diterapkan segala usia. Apalagi di masa pertumbuhan, anak akan mendapatkan banyak manfaat dari asupan nutrisi yang seimbang.
8 Manfaat Utama Gizi Seimbang

Pedoman Gizi Seimbang adalah pedoman pengonsumsian makanan sehari-hari yang didasarkan pada angka kecukupan jenis makanan dan jumlah zat gizi sesuai usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan.

Gizi seimbang sangat penting untuk diterapkan segala usia, dari saat MPASI, balita, anak , ibu hamil dan menyusui dan orang dewasa.  Berikut adalah manfaat yang akan didapatkan dengan menerapkan gizi  seimbang secara rutin.

Pertumbuhan fisik yang kuat untuk anak

Anak berada dalam masa pertumbuhan. Kurangnya protein, kalsium, vitamin D, fosfor, vitamin C, magnesium, dan nutrisi-nutrisi lainya dapat membuat pertumbuhan tulang anak tidak optimal. Selain itu, juga akan meningkatkan risiko osteoporosis di masa depan.

Perkembangan otak yang optimal.

Gizi  seimbang  dapat memengaruhi daya ingat serta kemampuan berpikir dan konsentrasi . Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan anak akan vitamin B kompleks, asam folat, vitamin E, vitamin C, dan asam lemak omega-3.

Terlindungi dari berbagai jenis penyakit.

Gizi  seimbang  dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh . Berikan makanan-makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin E, vitamin A, antioksidan, vitamin B kompleks, zinc, dan zat besi untuk melindungi tubuhnya dari berbagai macam serangan penyakit.

Mempertahankan kestabilan berat badan.

Dengan menerapkan gizi  seimbang pada balita, tubuh tidak akan menimbun kalori, sehingga  dapat terhindar dari obesitas yang disebabkan oleh kelebihan asupan nutrisi tertentu. Obesitas sangatlah berbahaya karena akan meningkatkan risiko anak terkena penyakit jantung koroner, hipertensi, dan diabetes tipe 2.

Mengoptimalkan fungsi organ tubuh.

Fungsi organ tubuh dapat mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Bila tidak terbiasa makan dengan gizi seimbang, fungsi organ-organ tubuhnya akan lebih cepat mengalami penurunan dan hal ini dapat menganggu proses metabolisme tubuh.

Memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas

Makanan adalah sumber energi yang dibutuhkan dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Dengan gizi seimbang,  akan didapatkan energi yang ia butuhkan sesuai kecukupan usianya.

Menjaga kestabilan emosi.

Ketika kekurangan nutrisi yang dibutuhkan, tubuh akan kesulitan mengendalikan produksi hormon. Hal ini tentunya dapat memengaruhi mood misal menjadi lebih moody dan sulit mengendalikan emosinya.

Terbiasa makan dengan gizi seimbang hingga dewasa.

Anak yang tidak terbiasa memiliki gizi  seimbang sejak balita, akan lebih sulit memulainya di masa dewasa. Padahal, di usia dewasa, akan semakin banyak keluhan-keluhan yang dirasakan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi pola makan seimbang, keluhan-keluhan ini tentunya dapat dicegah.

Demikian manfaat gizi seimbang, kebiasaan mengonsumsi gizi seimbang  perlu diajarkan sejak dini. Balita perlu mengetahui pentingnya makan bukan sekadar untuk memuaskan rasa lapar atau selera lidah. Untuk cari tahu lebih lanjut mengenai pedoman gizi seimbang, yuk baca lebih lanjut artikel ini Panduan Menyusun Gizi Seimbang.

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa