Penyakit Menular

Gondongan | Pengertian, Ciri-Ciri, Penyebab dan Cara Mengobati

Gondongan atau mumps merupakan peradangan kelenjar parotis yang disebabkan oleh infeksi virus. Bersifat menular dan sering terjadi pada anak-anak.

Pengertian Gondongan

Gondongan dalam istilah medis dikenal dengan mumps atau parotitis adalah peradangan kelenjar parotis yang disebabkan oleh infeksi virus. Kelenjar parotis berfungsi untuk memproduksi air liur yang terletak di bawah telinga.

 

Ciri-Ciri atau Gejala Gondongan

Beberapa penderita yang mengalami gondongan bisa tidak memiliki tanda dan gejala atau dapat mengalami gejala ringan. Pada umumnya, gejala dapat muncul sekitar 16 hingga 18 hari setelah terpapar oleh virus, namun dapat bervariasi dari 12 hingga 25 hari.

Gejala utama dari penyakit gondongan adalah pembengkakan pada kelenjar air liur yang menyebabkan pipi terlihat membesar. Selain itu, tanda dan gejala lain yang dapat muncul, antara lain:

  • Nyeri pada daerah pipi yang bengkak, bisa pada satu sisi atau keduanya

  • Nyeri ketika mengunyah atau menelan

  • Demam

  • Sakit kepala

  • Nyeri otot

  • Lemas dan merasa lelah

  • Kehilangan nafsu makan

 

Komplikasi

Meski jarang, penyakit gondongan dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius, seperti peradangan dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, yaitu:

  • Testis

Kondisi ini dikenal dengan sebutan orchitis, yaitu pembengkakan salah satu atau kedua testis pada laki-laki. Peradangan pada testis berisiko menyebabkan kemandulan atau infertilitas pada laki-laki.

  • Otak

Infeksi virus, seperti mumps dapat menyebabkan peradangan pada otak yang disebut dengan ensefalitis. Komplikasi ini dapat menyebabkan masalah pada saraf dan dapat mengancam jiwa.

  • Selaput otak dan saraf tulang belakang

Kondisi ini dikenal dengan meningitis, dapat terjadi ketika virus menyebar melalui pembuluh darah dan menginfeksi sistem saraf pusat.

  • Ovarium dan/atau Payudara

Kondisi ini dikenal dengan oophoritis yaitu kondisi peradangan pada ovarium. Selain itu, virus ini juga dapat menyebabkan mastitis pada wanita. Sama seperti pada laki-laki, peradangan pada ovarium juga berisiko menyebabkan infertilitas.

  • Pankreas

Pankreas juga dapat mengalami komplikasi akibat infeksi virus mumps, dikenal dengan sebutan pankreatitis dan ditandai dengan nyeri pada perut bagian atas, mual dan muntah.

Komplikasi lain yang dapat terjadi, yaitu:

  • Kehilangan pendengaran

Dapat terjadi pada salah satu atau kedua telinga. Meski jarang, penderita dapat mengalami kehilangan pendengaran yang menetap.

  • Gangguan jantung

Gondongan juga dihubungkan dengan detak jantung yang abnormal dan penyakit yang menyerang otot jantung. Namun, komplikasi ini jarang terjadi.

  • Keguguran

Mengalami infeksi mumps ketika sedang hamil, terutama pada kehamilan awal dapat menyebabkan keguguran.

 

Kapan Harus ke Dokter

Jika Mommy atau anak mengalami gondongan, perhatikan tanda dan gejala komplikasi. Segera ke dokter jika anak mengalami

  • Demam tinggi (≥39°C)

  • Kesulitan makan atau minum

  • Kebingungan atau disorientasi

  • Nyeri perut

  • Pada laki-laki, mengalami nyeri atau pembengkakan pada testis

 

Penyebab

Penyakit gondongan disebabkan oleh virus dan sangat mudah menular dari orang ke orang.

Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung dengan air liur atau droplets yang berasal dari mulut, hidung atau tenggorokan. Penderita dapat menyebarkan virus melalui:

  • Batuk, bersin atau berbicara

  • Penggunaan peralatan makan bersamaan, seperti botol minum

  • Kontak erat dengan penderita, misalnya olahraga atau berdansa bersama

Penderita dapat menularkan penyakit sejak beberapa hari sebelum tanda dan gejala penyakit muncul sampai dengan 5 hari setelah pembengkakan kelenjar air liur terjadi.

Jika Mommy atau anak mengalami tanda dan gejala gondongan, maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter dan hindari kontak dengan orang lain untuk mencegah penyebaran virus.

 

Diagnosis

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan gejala yang dialami penderita, riwayat kesehatan dan riwayat vaksinasi. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosis, seperti pemeriksaan darah.

 

Pencegahan

Cara terbaik untuk mencegah terinfeksi virus yang menyebabkan penyakit gondongan adalah dengan menerima vaksin MMR (measles, mumps, rubella). Vaksin MMR diberikan dalam 2 dosis, yaitu ketika anak berusia 15 bulan dan dosis kedua pada usia 5 tahun.

Namun, saat ini di Indonesia vaksin MMR sudah digantikan dengan vaksin MR (measles, rubella), sehingga belum ada vaksin untuk mencegah penyakit gondongan yang beredar di Indonesia.

Pencegahan yang dapat dilakukan saat ini adalah menjaga kekebalan tubuh, menjaga kebersihan diri dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menggunakan peralatan makan bersama dengan orang lain, serta hindari kontak dengan penderita gondongan.

 

Pengobatan

Penyakit gondongan disebabkan oleh virus, sehingga penggunaan antibiotik tidak akan membantu mengatasi infeksi.

Penyakit ini tidak membutuhkan pengobatan khusus dan dapat sembuh dengan sendirinya. Kebanyakan penderita, baik anak-anak maupun dewasa dapat sembuh tanpa mengalami komplikasi dalam beberapa minggu.

Penderita dapat kembali bekerja atau bersekolah sekitar 5 hari setelah tanda dan gejala muncul agar tidak menularkan penyakit ke orang lain.

Ada beberapa cara yang dapat Mommy terapkan di rumah ketika mengalami penyakit gondongan, yaitu:

  • Istirahat

Konsumsi obat untuk mengatasi gejala, seperti penggunaan paracetamol atau ibuprofen untuk membantu menurunkan demam dan menghilangkan keluhan nyeri

  • Isolasi Ruangan

Agar tidak menularkan ke anggota keluarga lain, hindari untuk tidur bersama di satu ruangan. Penderita dapat menularkan penyakit ke orang lain sampai 5 hari setelah tanda dan gejala gondongan muncul pertama kali

  • Kompres Hangat

Gunakan kompres hangat atau dingin pada daerah yang bengkak untuk mengurangi rasa nyeri

  • Kompres Dingin

Pada penderita laki-laki, jika mengalami pembengkakan pada testis, dapat menggunakan kompres dingin untuk membantu mengurangi rasa nyeri

  • Pola Makan

Hindari makanan keras atau makanan yang membutuhkan Mommy untuk mengunyah lebih banyak.

Pilihlah makanan lembut, seperti bubur, oatmeal atau sup.Hindari makanan asam, seperti buah atau jus jeruk yang dapat menstimulasi produksi air liur

Perbanyak minum air putih

 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apakah penyakit gondongan berbahaya?

Pada umumnya, penyakit gondongan tidak berbahaya. Karena disebabkan oleh virus, penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa membutuhkan pengobatan khusus.

Namun, meski jarang, penyakit gondongan juga berisiko menyebabkan beberapa komplikasi seperti peradangan pada testis, otak, pankreas, kehilangan pendengaran, gangguan jantung dan risiko keguguran jika terjadi pada Mommy yang sedang hamil.

 

Berapa lama sakit gondongan pada anak?

Kebanyakan penderita, baik anak maupun dewasa akan sembuh tanpa mengalami komplikasi sekitar 1 hingga 2 minggu. Namun, penderita masih dapat menularkan penyakit ke orang lain hingga 5 hari sejak tanda dan gejala muncul pertama kali.

Oleh karena itu, penderita masih tidak disarankan untuk bertemu dengan orang lain selama 5 hari sejak gejala muncul untuk mencegah penularan penyakit.

 

Bisakah terkena gondongan dua kali?

Seseorang yang telah mengalami penyakit gondongan biasanya telah memiliki antibodi terhadap virus mumps, sehingga dapat terlindungi seumur hidup dari infeksi serupa. Namun, meski jarang terjadi terdapat laporan penderita yang mengalami penyakit gondongan kedua kalinya.

 

Apakah gondongan perlu mengonsumsi antibiotik?

Tidak, penyakit gondongan disebabkan oleh virus, sehingga penggunaan antibiotik tidak akan membantu mengatasi penyakit.

Penggunaan antibiotik tanpa alasan yang jelas justru meningkatkan risiko mengalami efek samping dan risiko resistensi antibiotik. Oleh karena itu, Mommy tidak disarankan menggunakan antibiotik tanpa anjuran dokter.

 

Apa obat gondongan pada anak dan dewasa?

Tidak ada pengobatan khusus untuk mengatasi penyakit gondongan. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Kebanyakan penderita baik anak maupun dewasa dapat sembuh tanpa mengalami komplikasi dalam beberapa minggu. Biasanya akan memberikan obat untuk mengurangi gejala, seperti paracetamol atau ibuprofen untuk mengatasi demam dan nyeri.

 

Apakah blau atau kapur biru bisa menyembuhkan gondongan?

Di masyarakat, blau atau kapur biru dipercaya dapat mengobati gondongan. Blau yang dioleskan ke daerah yang bengkak dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan.

Tapi, faktanya diberi blau atau tidak, gondongan dapat sembuh dengan sendirinya. Jadi, penggunaan blau tidak dapat menyembuhkan penyakit gondongan. Penyakit gondongan disebabkan oleh virus dan tidak membutuhkan pengobatan khusus.

 

Apakah ada makanan yang tidak boleh dikonsumsi ketika sakit gondongan?

Gondongan menyebabkan penderita mengalami nyeri saat mengunyah makanan, oleh karena itu hindari makanan yang membutuhkan pengunyahan yang lama.

Pilihlah makanan yang lembut, seperti sup, bubur atau oatmeal. Hindari juga makanan asam, seperti jeruk, makanan yang mengandung cuka. Makanan asam dapat menstimulasi produksi air liur dan dapat memicu rasa sakit.

Penyakit gondongan merupakan penyakit infeksi akibat virus yang sangat mudah menular dari orang ke orang. Penyakit ini tidak memiliki pengobatan khusus dan dapat sembuh dengan sendirinya.

 

Ditulis oleh : apt. Novita, S.Farm., M.Farm.

Sumber

  1. Mayo Clinic. Mumps [Internet]. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mumps/symptoms-causes/syc-20375361
  2. Parotitis [Internet]. Available from: http://www.antimicrobe.org/e45.asp
  3. Ikatan Dokter Anak Indonesia. Jadwal Imunisasi 2017 [Internet]. Available from: https://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-2017
  4. Centers for Disease Control and Prevention. Mumps [Internet]. Available from: https://www.cdc.gov/mumps/about/index.html
  5. Immunization Action Coalition. Mumps: Questions and Answers [Internet]. Available from: https://www.immunize.org/catg.d/p4211.pdf

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa