Makanan & Nutrisi

Asam Folat, Suplemen Penting untuk Program Hamil

Asam folat merupakan suplemen penting dan wajib dikonsumsi untuk program hamil dan selama masa awal kehamilan. Apakah saja manfaat asam folat? Baca selengkapnya

Apa itu Asam Folat

Asam folat disebut juga vitamin B9 merupakan salah satu nutrisi penting yang wajib dikonsumsi bagi wanita yang sedang menjalani program hamil.

Di luar negeri, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan penggunaan asam folat bagi semua wanita usia subur.

Asam folat merupakan vitamin yang diperlukan untuk pertumbuhan sel yang dapat ditemukan di beberapa makanan, seperti lentil, kacang polong, brokoli, bayam, asparagus, kacang polong dan sereal yang telah terfortikasi asam folat.

Akan tetapi, makanan tinggi folat saja belum cukup untuk memberikan perlindungan bagi janin. Oleh karena itu, bagi pasangan yang sedang menjalani program hamil juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat.

 

Manfaat Asam Folat1,2,3,4

Kadar asam folat yang cukup di dalam tubuh dapat mengurangi risiko bayi mengalami neural tube defect hingga 70%. Neural tube defect (NTD) atau cacat tabung saraf merupakan cacat lahir yang berdampak pada otak dan sumsum tulang belakang.

Terdapat 2 jenis NTD yang paling sering terjadi, yaitu:

 

Spina bifida

Kondisi ini ditandai dengan tulang kecil yang terdapat di tulang belakang tidak menutup sempurna dan bagian dari tulang belakang menonjol keluar.

Anak yang mengalami spina bifida dapat mengalami kelumpuhan, masalah dalam mengontrol buang air kecil maupun buang air besar, serta kesulitan untuk belajar.

 

Anencephaly

Anencephaly (anensefali) adalah salah satu NTD yang paling parah, terjadi ketika bagian atas dari tabung saraf yang merupakan pembentuk otak tidak menutup sempurna.

Bayi dengan anensefali kehilangan sebagian besar otak, tengkorak dan kulit kepala. Pada umumnya, bayi hanya dapat bertahan selama 3 jam setelah kelahiran.

 

Baca Juga : Jenis dan Jumlah Kebutuhan Vitamin untuk Program Hamil

 

Dosis Asam Folat 1,4

Asam folat dengan dosis 400 mcg, sekali sehari cukup untuk membantu mencegah kecacatan janin. Pemberian dosis yang lebih tinggi tidak menunjukkan hasil yang lebih baik, kecuali pada wanita yang mengalami kondisi kesehatan tertentu.

Dokter dapat meresepkan asam folat dosis tinggi hingga 4.000 mcg sekali sehari, 1 bulan sebelum kehamilan hingga tiga bulan pertama kehamilan pada wanita yang berisiko tinggi, seperti:

  • Wanita dengan riwayat mengalami NTD pada kehamilan sebelumnya

  • Menderita penyakit diabetes atau kencing manis

  • Wanita dan pasangan mengalami NTD

  • Wanita dan pasangan memiliki keluarga dengan riwayat mengalami NTD

  • Menderita penyakit epilepsi

 

Waktu Pemberian Asam Folat1,4

Asam folat untuk program hamil disarankan untuk dikonsumsi 2 hingga 3 bulan sebelum kehamilan dan pada masa awal kehamilan untuk mencegah risiko bayi lahir cacat.

Kecacatan janin pada otak atau tulang belakang terjadi pada usia awal kehamilan, sekitar 3-4 minggu setelah berhubungan intim, sebelum wanita mengetahui bahwa mereka sedang hamil.

 

Rekomendasi dan Review Produk Asam Folat

Produk suplemen yang mengandung asam folat dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, namun pastikan untuk membelinya di tempat-tempat terpercaya, agar kualitas obat tetap terjaga.

Berikut adalah beberapa rekomendasi produk yang mengandung asam folat dan produk kombinasi asam folat dengan multivitamin.

 

1. Asam Folat Generik

Terdapat berbagai produk asam folat generik yang tersedia di pasaran dengan kemasan dan dosis yang berbeda. Asam folat generik lebih ekonomis dibandingkan asam folat dengan merk dagang.

  • Asam Folat produksi Novapharin, kemasan strip, 1 strip 10 tablet dengan dosis 400 mcg/tablet. Harga: ±Rp 2.000/strip.

  • Asam Folat produksi PT. First Mediapharma, kemasan botol yang berisi 100 tablet asam folat dengan dosis 1 mg atau 1.000 mcg/tablet. Harga: ±Rp 20.000/botol.

  • Asam Folat produksi PT Marin Liza Farmasi, kemasan strip, 1 strip 10 tablet dengan dosis 1 mg atau 1.000 mcg/tablet. Harga ±Rp 2.400/strip.

 

2. Afolat

Mengandung asam folat 400 mcg.

Cara pakai  : 1 kali sehari 1 tablet, sesudah makan

Kemasan    : strip, 1 strip 10 tablet

Harga          : ±Rp 2.300/strip

 

3. Anelat

Mengandung asam folat 1000 mcg.

Cara pakai   : 1 kali sehari 1 tablet, dapat diberikan bersama atau tanpa makanan

Kemasan     : strip, 1 strip 10 tablet

Harga           : ±Rp 2.500/strip

 

4. Folavit

Mengandung asam folat 400 mcg.

Cara pakai   : 1 kali sehari 1 tablet, sesudah makan

Kemasan     : strip, 1 strip 10 tablet

Harga           : ±Rp 12.500/strip

 

5. Prenatin DF

Prenatin DF merupakan multivitamin dan mineral untuk kehamilan.

Produk ini mengandung asam folat 1 mg atau 1.000 mcg dan dilengkapi dengan vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D3, E, nicotinamide, kalsium, zat besi, kalium iodide, copper, mangan, zink, dan DHA.

Cara pakai   : 1 kali sehari 1 tablet, sesudah makan

Kemasan     : strip, 1 strip 10 tablet.

Harga           : ±Rp 40.000/strip

 

6. Blackmores I-Folic

Terdiri dari 2 komposisi yaitu asam folat 500 mcg dan Yodium 150 mcg untuk mengoptimalkan kadar asam folat dan yodium.

Cara pakai   : 1 kali sehari 1 tablet, sesudah makan

Kemasan     : Botol, 150 tablet

Harga           : ±Rp 145.000 – Rp 320.000

 

7. Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold

Mengandung asam folat 200 mcg dan multivitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan ibu pada masa kehamilan dan menyusui, serta membantu perkembangan dan petumbuhan bayi.

Cara pakai   : 2 kapsul/hari, sesudah makan

Kemasan     : Botol, 180 kapsul

Harga           : ±Rp 450.000/botol

 

Baca Juga : Program Hamil ?Konsumsi Makanan Ini Untuk Tingkatkan Peluang Kehamilan

 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Kapan waktu yang tepat minum asam folat?

Penggunaan asam folat direkomendasikan bagi wanita yang sedang menjalani program hamil. Disarankan untuk mengonsumsi asam folat 2-3 bulan sebelum kehamilan hingga trimester pertama kehamilan.

Bahkan, Center for Disease Control and Prevention merekomendasikan asam folat dengan dosis 400 mcg diberikan untuk semua wanita pada usia produktif sebagai langkah antisipasi terjadi kehamilan di luar rencana.

 

Apa kegunaan asam folat untuk program hamil?

Penggunaan asam folat sebelum kehamilan dapat membantu mengurangi risiko kecacatan janin, yaitu Neural tube defect atau cacat tabung saraf yang merupakan cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang, seperti spina bifida dan anensefali.

Risiko kecacatan ini dapat terjadi pada usia awal kehamilan, sekitar 3-4 minggu setelah berhubungan intim, sebelum wanita mengetahui bahwa mereka sedang hamil.

 

Apakah asam folat juga dapat diberikan untuk pria?

Ya, asam folat juga dapat digunakan untuk pria yang sedang menjalani program hamil. Sebuah penelitian mendukung penggunaan asam folat bersama dengan Zink untuk membantu meningkatkan jumlah sperma.

Selain itu, asam folat juga membantu tubuh untuk memecah, menggunakan dan membuat protein baru, membentuk sel darah merah dan DNA, serta dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung dan Alzheimer.5,6

Mencukupi kebutuhan asam folat untuk program hamil terbukti dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kecacatan janin.

Semoga rekomendasi produk-produk asam folat di atas dapat membantu untuk menentukan produk asam folat yang akan dikonsumsi.

 

Baca Juga : Daftar Makanan yang Dilarang Untuk Program Hamil

 

Ditulis oleh : apt. Novita, S.Farm., M.Farm.

Sumber

  1. Tommy’s. Benefits of taking folic acid before pregnancy [Internet]. Available from: https://www.tommys.org/pregnancy-information/planning-pregnancy/are-you-ready-conceive/benefits-taking-folic-acid-pregnancy
  2. MGH Center for Women’s Mental Health. Folic Acid is Essential for All Women of Reproductive Age [Internet]. Available from: https://womensmentalhealth.org/posts/folic-acid-essential-women-reproductive-age/
  3. March of Dimes. Neural Tube Defects [Internet]. Available from: https://www.marchofdimes.org/complications/neural-tube-defects.aspx
  4. Centers for Disease Control and Prevention. Folic Acid [Internet]. Available from: https://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/about.html
  5. Wong, WY, Merku, HM, Thomas, CM., et al. Effects of folic acid and zinc sulfate on male factor subfertility: a double-blind, randomized, placebo-controlled trial. Male Factor, 2002. Available from: https://www.fertstert.org/article/S0015-0282(01)03229-0/abstract
  6. Your Vitamin for Life. Folic Acid Benefits for Men [Internet]. Available from: http://vitaminforlife.org/folic-acid-benefits-men

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa