Pra Kehamilan

Ingin Punya Anak? Berikut 7 Cara Cepat Hamil yang Dapat Dilakukan

Panduan lengkap cara cepat hamil yang aman dan mudah dilakukan. Selengkapanya yuk baca di sini.

Terjadinya kehamilan dapat ditentukan dari berbagai faktor seperti usia, kesehatan fisik, kesehatan reproduksi, dan frekuensi berhubungan intim.

Pertama-tama, pastikan dulu kondisi kesehatan dan kesuburan diri sendiri dan suami sebelum merencanakan kehamilan.

 

Kapan Pasangan Mulai Hamil

Dilansir dari nhs.uk, sekitar 84 dari 100 pasangan yang sudah menikah akan hamil dalam waktu setahun jika mereka berhubungan seks secara teratur setiap 2-3 hari sekali dalam sebulan dan tidak menggunakan kontrasepsi.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya bagi pengantin baru untuk mencoba cara cepat hamil berikut ini.

1. Gaya Hidup Sehat

Menghindari dan tidak melakukan pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, kafein tinggi, konsumsi makanan mengandung merkuri, makanan tinggi gula, narkoba, dan alkohol karena dapat mempengaruhi kesuburan baik pada pria maupun wanita serta meningkatkan komplikasi serius pada kehamilan.

2. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan agar tetap sehat dan seimbang. Kelebihan berat badan dengan BMI di atas 30 berpotensi untuk mengurangi tingkat kesuburan dan meningkatkan resiko kehamilan bermasalah seperti pre-eklampsia, diabetes, pembekuan darah, dan keguguran.

3. Mengonsumsi asam folat

Menurut artikel pada nhs.uk, setidaknya konsumsi 400 mcg asam folat setiap hari sekitar sebulan sebelum mencoba untuk hamil. Nutrisi ini juga dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat.

4. Hindari stress

Karena stres dapat mengganggu ovulasi dan proses pembuahan.

 

Baca Juga : Ketahui Posisi dan Cara Berhubungan Suami Istri Ini Agar Cepat Hamil.

 

5. Aktif Berolahraga

Tetap aktif berolahraga teratur akan membantu kesuburan. Wanita yang aktif secara fisik cenderung memiliki anak yang juga aktif secara fisik.

Dilansir dari tommys.org, Departemen Kesehatan Amerika merekomendasikan untuk melakukan 150 menit aktivitas aerobik dengan intensitas sedang dalam seminggu dan latihan beban dengan frekuensi dua kali atau lebih dalam seminggu yang melatih semua otot utama.

6. Meningkatkan kesuburan pria

Sperma yang kuat dan sehat memiliki peluang terbaik untuk membuahi sel telur. Berikan nutrisi untuk kesuburan sperma dengan cara:

  • Hindari rokok dan narkoba.

  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol.

  • Konsumsi makanan yang mengandung zync, asam folat, dan vitamin C untuk membantu menghasilkan sperma yang kuat dan berlimpah.

7. Mengetahui masa subur

Kunci untuk cepat hamil adalah mencari tahu kapan masa subur bagi wanita. Setelah mengetahui masa subur, rencanakan untuk berhubungan seks pada saat yang paling subur, yaitu dua hingga tiga hari sebelum ovulasi. Ovulasi adalah melepasnya sel telur dari rahim ke tuba falopi untuk dibuahi.

 

Melakukan pemeriksaan prakonsepsi

Saat berencana hamil, sebaiknya melakukan pemeriksaan prakonsepsi. Pemeriksaan prakonsepsi adalah pemeriksaan riwayat kesehatan lengkap yang dilakukan beberapa bulan hingga satu tahun sebelum mencoba untuk hamil. Ini akan membantu dalam menentukan kesiapan secara fisik dan emosional untuk memiliki bayi.

Pemeriksaan prakonsepsi meliputi:

  • Riwayat kesehatan dan pemeriksaan umum

  • Tes darah untuk memeriksa kadar hemoglobin, golongan darah, kekebalan untuk campak Jerman/rubella, cacar air, hepatitis B, dan human immunodeficiency virus (HIV)

  • Tes untuk penyakit menular seksual

  • Rekomendasi gaya hidup yang akan meningkatkan peluang kehamilan dan kesehatan bayi

  • Rekomendasi untuk mengonsumsi suplemen folat dan yodium sebelum konsepsi dan selama kehamilan untuk kesehatan bayi

  • Rujukan ke dokter spesialis jika istri atau suami memiliki kondisi medis yang telah diderita sebelumnya yang dapat berpengaruh terhadap persiapan kehamilan, atau kesehatan kehamilan

  • Review obat-obatan apa saja yang pernah digunakan oleh istri atau suami

  • Rujukan untuk konseling genetik jika diperlukan

  • Informasi mengenai layanan kesehatan dan perawatan kehamilan.

  • Riwayat ginekologi seperti jadwal dan siklus menstruasi dan pap smear

  • Riwayat kehamilan sebelumnya jika ada

  • Pengalaman hamil dan bersalin sebelumnya jika ada

  • Riwayat alergi istri atau suami

  • Riwayat kesehatan mental seperti pernah mengalami depresi, baby blues, atau post partum syndrome

Ada beberapa kondisi medis yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita, diantaranya:

  • Endometriosis

adalah kondisi ketika jaringan yang membentuk lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim. Jaringan yang disebut endometrium ini dapat tumbuh di indung telur, usus, saluran telur, vagina, atau di rektum.

  • PCOS

Selain endometriosis, kondisi medis yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita adalah PCOS. PCOS atau sindrom ovarium polikistik ialah kelainan hormonal terkait dengan kadar hormon yang tidak seimbang sehingga mengganggu fungsi ovarium wanita di usia subur. PCOS membuat tubuh terpacu memproduksi lebih banyak insulin yang mengganggu proses reproduksi dan memicu penambahan berat badan.

 

Persiapan Kehamilan Bagi Wanita Dengan Endometriosis

Endometriosis tidak dapat diobati tetapi ada hal yang bisa dilakukan untuk membantu meringankan kondisi tersebut.

  • Berhati-hati mengonsumsi pain killer

Jika endometriosis menyebabkan rasa sakit atau sedang mengonsumsi pain killer, seperti antiinflamasi non steroid (NSAID), Parasetamol atau Codeine. Disarankan untuk berhenti minum NSAID dan meminimalkan penggunaan kodein karena dapat berdampak pada bayi jika hamil.

  • Perawatan hormonal

Ada banyak jenis perawatan hormonal yang dapat ditawarkan kepada mereka yang mengidap endometriosis namun perawatan tersebut tidak cocok jika sedang mencoba untuk hamil.

  • Pembedahan untuk meningkatkan kesuburan

Pada wanita berusia kurang dari 35 tahun yang mengalami endometriosis ringan dan sedang, memiliki potensi untuk hamil dengan alami.

Jika wanita berusia lebih dari 35 tahun memiliki endometriosis ringan dan sedang, akan membutuhkan terapi kesuburan. Sementara itu, pada wanita yang memiliki endometriosis berat direkomendasikan untuk tindakan pembedahan.

 

Persiapan Kehamilan Bagi Wanita Dengan PCOS

Penderita PCOS biasanya mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur dan mudah mengalami kegemukan hingga diabetes.

Jika memiliki BMI di atas 30 maka disarankan untuk menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan dan olahraga yang sehat.

  • Ada sejumlah obat berbeda yang dapat diberikan pada wanita dengan PCOS. Obat tersebut dapat merangsang ovulasi, memperbaiki resistensi insulin, atau kombinasi keduanya.

  • Operasi menggunakan teknik Laparoscopic Ovarian Drilling (LOD) dan reseksi ovarium untuk meluruhkan bagian tertentu dari ovarium, sehingga ovulasi dapat terjadi dan untuk membunuh jaringan di ovarium yang menghasilkan testosteron.

 

Persiapan kehamilan bagi wanita yang pernah mengalami kuret dan keguguran

  • Kuret atau kuretase adalah prosedur pembedahan yang sering dilakukan setelah keguguran trimester pertama.

  • Dikutip dari tommys.org, dokter menyarankan untuk menunggu setidaknya satu siklus menstruasi sebelum mencoba untuk hamil lagi. Ini karena siklus menstruasi pertama setelah keguguran seringkali lebih lama atau lebih pendek dari biasanya.

  • Pada artikel mayoclinic.org disebutkan juga bahwa biasanya hubungan seks tidak dianjurkan selama dua minggu setelah keguguran atau menunggu setelah pendarahan selesai untuk mencegah infeksi.

  • Setelah merasa siap secara emosional dan fisik untuk hamil setelah keguguran, mintalah panduan dari dokter kandungan atau bidan untuk kehamilan berikutnya.

  • Setelah satu kali keguguran, mungkin tidak perlu waktu untuk menunggu hamil kembali namun bila keguguran terjadi lebih dari sekali, maka dokter kandungan atau bidan akan menganjurkan pemeriksaan yang lebih mendalam dengan berbagai tes kesehatan.

Persiapan Kehamilan Setelah Penggunaan KB Pil dan Suntik

Bree Herring, CNM, dokter kandungan dari UnityPoint Health menjelaskan,”Sebelum melepas KB, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk merencanakan kehamilan selanjutnya karena dokter akan merekomendasikan beberapa hal yang terkait dengan kesehatan seperti mengurangi berat badan, mengonsumsi vitamin, dan hal-hal lainnya.”

Ada berbagai macam jenis kontrasepsi untuk mencegah kehamilan seperti pil dan suntik KB. Pada umumnya KB digunakan untuk memberi jarak kehamilan satu ke kehamilan berikutnya agar tidak terlalu dekat. Menggunakan KB bukan berarti menghilangkan kesuburan.

Bree Herring juga mengatakan, sebagian besar wanita berhenti minum pil KB dan mulai berhubungan suami istri dapat hamil pada bulan yang sama saat ia berhenti minum pil KB.

Pada metode suntik, diperlukan waktu hingga satu tahun penuh untuk mendapatkan siklus menstruasi yang normal kembali.Saat berhenti minum pil atau suntik KB, perlu beberapa saat bagi tubuh untuk kembali memproduksi hormon secara normal. Hormon pada KB tidak menetap di dalam tubuh.

Menurut artikel mayoclinic.org, sebagian besar wanita akan mengalami menstruasi lagi sekitar dua minggu setelah menghentikan pil namun ada juga yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Waktu yang dibutuhkan untuk kembali pada siklus normal akan berbeda-beda pada setiap orang. Perlu diingat juga bahwa pola hidup dan usia saat menggunakan KB akan mempengaruhi kesuburan.

Jika sudah mencoba berbagai cara cepat hamil dalam waktu beberapa bulan namun belum juga berhasil, segera jadwalkan konsultasi dengan dokter kandungan.

 

Baca Juga : Ingin Punya Anak Laki-Laki? Simak Tipsnya Berikut Ini

 

Ditulis oleh : Dini Ramdhaniar

Sumber

  1. https://www.tommys.org/pregnancy-information/planning-pregnancy/12-things-do-when-trying-baby
  2. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/Conceiving-a-baby
  3. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/how-to-get-pregnant/art-20047611
  4. https://santiamhospital.org/dos-and-donts-when-trying-to-conceive/
  5. https://www.tommys.org/pregnancy-information/planning-pregnancy/12-things-do-when-trying-baby
  6. https://www.nhs.uk/common-health-questions/pregnancy/how-can-i-increase-my-chances-of-getting-pregnant/
  7. https://www.acog.org/clinical/clinical-guidance/committee-opinion/articles/2019/01/prepregnancy-counseling
  8. https://www.acog.org/en/Patient%20Resources/FAQs/Pregnancy/Nutrition%20During%20Pregnancy
  9. https://www.acog.org/en/Patient%20Resources/FAQs/Contraception/Fertility%20Awareness%20Based%20Methods%20of%20Family%20Planning
  10. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/planning-pregnancy/
  11. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/pregnancy-after-miscarriage/art-20044134
  12. https://www.tommys.org/pregnancy-information/pregnancy-complications/baby-loss/miscarriage/trying-again-after-miscarriage
  13. https://americanpregnancy.org/pregnancy-complications/d-and-c-procedure-after-miscarriage-837
  14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3096409/
  15. https://www.endofound.org/have-endometriosis-and-trying-to-conceive-naturally-read-these-amazing-success-stories
  16. https://www.endometriosis-uk.org/sites/default/files/files/Information/fertility.pdf
  17. https://www.tommys.org/pregnancy-information/planning-pregnancy/fertility-and-infertility/how-does-endometriosis-affect-fertility
  18. https://www.brighamandwomens.org/obgyn/infertility-reproductive-surgery/endometriosis/endometriosis-and-fertility
  19. https://www.tommys.org/pregnancy-information/planning-pregnancy/fertility-and-infertility/pcos-and-fertility-everything-you-need-know
  20. http://www.pregnancybirthbaby.org.au/pcos-and-pregnancy
  21. https://www.yourfertility.org.au/everyone/health-medical/polycystic-ovary-syndrome-pcos
  22. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/birth-control/in-depth/birth-control-pill/art-20045136
  23. https://www.unitypoint.org/livewell/article.aspx?id=b31b3f8b-ddf1-4f53-af5b-18572b181f41&Simple+Advice+for+Getting+Off+Birth+Control

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa