Perencanaan Keluarga

Cara Menyiapkan Anak Berkebutuhan Khusus untuk Kelahiran Adik

Orangtua anak berkebutuhan khusus perlu menyiapkan kelahiran adik dengan beberapa cara berikut. Selengkapnya baca disini.

Mempersiapkan kelahiran bayi adalah momen bahagia yang ditunggu-tunggu, namun juga bisa menjadi saat yang sulit jika kita adalah orangtua dengan anak berkebutuhan khusus.

Anak berkebutuhan khusus membutuhkan dukungan dan perhatian spesial untuk membantu mereka menyesuaikan diri dengan perubahan drastis ini.

 

Berikan Penjelasan dengan Bantuan Media

Saat kehamilan mulai terlihat, kita dapat mulai menjelaskan mengapa tubuh kita mengalami perubahan.

Gunakan bahasa yang singkat dan jelas. Kita bisa menunjukkan foto keluarga untuk menunjukkan bahwa anggota keluarga dapat bertambah.

Ceritakan pertumbuhan dan perkembangan anak sambil menunjukkan foto-fotonya saat bayi hingga sekarang.

 

Antisipasi Reaksi Anak

Orangtua anak berkebutuhan khusus bisa coba perdengarkan suara bayi menangis pada anak dan amati reaksinya.

Dengan ini, kita bisa memprediksi akan seperti apa reaksi anak nanti setelah kehadiran bayi dan melakukan antisipasi dengan melakukan beberapa perubahan atau penyesuaian di rumah.

 

Ajarkan dan Latih Menjadi Kakak

Kita mungkin perlu mencontohkan bagaimana memperlakukan bayi dengan lembut. Latih dan contohkan dalam berbagai situasi dan dengan orang-orang yang berbeda. Pastikan anak mengerti dan mematuhi kata-kata seperti “Stop” demi keamanan bayi.

Kita dapat menjelaskan perubahan situasi di rumah setelah kelahiran bayi dengan membacakan secara rutin sebuah buku cerita tentang menjadi kakak, misalnya.

Kita bisa meminta anak mencoba melakukan hal-hal yang mampu dilakukannya untuk membantu merawat bayi, misalnya mengambilkan popok, melipat selimut, atau menyalakan/mematikan lampu.

Akan sangat membantu pula jika kita mulai melatih anak keterampilan merawat diri, seperti memakai baju sendiri, sebelum bayi lahir.

 

Membicarakan Perasaan Anak

Menonton acara TV dapat digunakan orangtua untuk memancing pembicaraan mengenai perasaan yang mungkin dialami anak berkebutuhan khusus saat ada bayi baru dalam keluarga.

Kita bisa memilih acara yang menggambarkan dengan baik kehadiran anggota baru dalam keluarga seperti serial Princess Poly dan Little Angel di Youtube.

 

Merencanakan alternatif pengasuh

Orang tua anak berkebutuhan khusus perlu merencanakan siapa pengasuh pengganti, terutama selama kita berada di rumah sakit hingga beberapa bulan setelah persalinan. Beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan sebagai pengasuh pengganti antara lain:

  • pengasuh yang datang ke rumah selama beberapa jam setiap hari, setiap minggu, atau sesuai permintaan;

  • program drop-off day (di sekolah atau fasilitas kesehatan) yang menyediakan kegiatan untuk anak berkebutuhan khusus;

  • bantuan yang ditawarkan komunitas orangtua berkebutuhan khusus.

  • keluarga besar, teman, atau tetangga. Tentunya setelah mereka diberi edukasi dan pelatihan yang dibutuhkan untuk merawat anak berkebutuhan khusus.

Sebelum bayi lahir, ajak anak secara rutin mengunjungi pengasuh pengganti ini agar anak tidak merasa asing saat bersama dengannya.

Sebagai orangtua anak berkebutuhan khusus, kita mempunyai lebih banyak tanggungjawab dan tantangan dalam mengasuh anak.

Apalagi dengan kehamilan berikutnya, kita tentu dapat menggunakan banyak bantuan, dukungan, dan kerjasama agar kebutuhan semua anggota keluarga, termasuk kita sendiri, dapat terpenuhi.

 

Baca Juga : Pro Kontra Jika Jarak Kehamilan Terlalu Dekat dengan Persalinan Sebelumnya

 

Ditulis oleh : Muna Fitria

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa