Perencanaan Keluarga

Wanita Karir yang Sibuk Bekerja? Hilangkan Kebiasaan Ini jika Berencana Progam Hamil

Beberapa perilaku yang identik dengan sibuk bekerja ternyata merupakan kebiasaan yang membuat susah hamil. Apa saja itu? Cari tahu selengkapnya disini.

Sibuk bekerja bukanlah faktor yang menghambat kehamilan. Namun, perilaku yang sering dilakukan jika kita sibuk bekerja ternyata merupakan kebiasaan yang membuat susah hamil.

Beberapa diantaranya adalah:

 

Begadang dan Kurang Tidur

  • Hasil sebuah studi terhadap wanita yang sedang menjalani IVF menunjukkan bahwa wanita yang tidur kurang dari 7 jam sehari mempunyai 15% lebih sedikit peluang untuk hamil daripada yang tidur 7-8 jam.

  • Hal ini berkaitan dengan meningkatnya hormon pemicu stres seperti cortisol yang dapat membatasi kemampuan reproduksi.

  • Sebaliknya, wanita yang tidur 7-8 jam dalam semalam berpeluang hamil 25% lebih besar daripada yang tidur 9 jam atau lebih.

  • Kesimpulannya, usahakan untuk mempunyai waktu istirahat yang cukup, yaitu 7-8 jam, meskipun kita sibuk bekerja.

  • Kebiasaan begadang, bangun kesiangan, dan tidak sarapan adalah kebiasaan yang membuat susah hamil.

 

Pola Makan yang Buruk

  • Jika jam kerja yang sibuk membuat kita melewatkan makan atau memilih makanan cepat saji (fast food), tubuh kita tidak akan mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkan.

 

  • Hindari kebiasaan yang membuat susah hamil ini menambahkan buah dan sayuran segar serta protein ke dalam menu harian.

 

Obesitas

  • Selain menutrisi tubuh, pola makan yang sehat dapat membantu kita mempertahankan berat badan.

  • Berat badan yang ideal, yaitu yang sesuai denga BMI (Body Mass Index atau Indeks Massa Tubuh) juga berperan dalam kesuburan. Pasalnya, obesitas (kegemukan) dapat mengganggu proses ovulasi (pembuahan sel telur).

 

Stres

  • Tidak ada yang bisa menghindar dari stres saat kita berkutat dengan kesibukan pekerjaan. Padahal stres adalah salah satu faktor yang menghambat kehamilan.

  • Karenanya, kita bisa secara rutin menikmati aktivitas yang dapat meredakan stres, seperti yoga, meditasi, atau pijat relaksasi.

 

Baca Juga : 7 Langkah Mengatur Keuangan Keluarga untuk Persiapan Biaya Kehamilan dan Melahirkan

 

Konsumsi Kafein

  • Kopi selalu menjadi penyelamat saat letih dan mengantuk datang di kala sibuk bekerja. Ternyata sering minum kopi termasuk kebiasaan yang membuat susah hamil.

  • Jika sedang berusaha hamil, kita bisa membatasi konsumsi kafein hingga maksimal 200 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 2 gelas atau sekitar 500 ml

Sibuk bekerja bukanlah penghalang untuk bisa hamil. Kebiasaan yang membuat susah hamil lah yang seharusnya kita hentikan.

Dengan memulai gaya hidup sehat mulai dari sekarang, kita bisa meningkatkan tingkat kesuburan, bahkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Ditulis oleh : Muna Fitria

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa