Perencanaan Keluarga

Membangun Support System dalam Kehamilan Saat Jauh dari Keluarga

Saat tinggal jauh dari keluarga, dari mana kita bisa mendapatkan dukungan saat hamil? Cara membangun support system dalam kehamilan selengkapnya baca disini.

Umumnya keluarga akan memberikan dukungan yang pertama dan terbesar saat kita hamil. Namun, saat tinggal jauh dari keluarga, dari mana kita bisa mendapatkan dukungan?

Karenanya, kita perlu membangun support system dalam kehamilan dengan cara seperti berikut ini:

 

Suami

  • Saat tinggal jauh dari keluarga besar, suami bisa jadi satu-satunya support system dalam kehamilan.

  • Karenanya, wajar jika kita berharap banyak dari suami. Komunikasikan kebutuhan kita dengan suami.

  • Utarakan dengan jelas apa yang kita ingin suami lakukan. Begitu juga sebaliknya. Agar suami tidak merasa harus menanggung semuanya sendirian, dengarkan juga keinginan, kebutuhan, atau kekhawatiran suami.

  • Dengan bersedia saling mendengarkan secara terbuka seperti ini, hubungan kita dan pasangan akan semakin erat dan bisa saling menguatkan meski tanpa dukungan keluarga pada ibu hamil.

 

Teman

  • Dukungan dari teman dapat menguntungkan kita saat kita mengalami kesulitan saat kehamilan, misalnya saat kita mengalami morning sickness di kantor.

  • Support system dalam kehamilan dari teman seperti ini tidak hanya memberikan bantuan saat kita butuhkan, namun juga bisa membantu secara emosional.

  • Dengan membangun hubungan dekat dan terbuka dengan mereka, diharapkan bisa menggantikan dukungan keluarga pada ibu hamil yang tidak bisa kita dapatkan.

 

Tenaga Medis

  • Tenaga medis yang merawat kita juga bisa menjadi support system dalam kehamilan. Berhubung kita akan menemui mereka untuk setidaknya 9 bulan ke depan, sebaiknya kita melakukan survei sebelum memutuskan.

  • Cari dokter spesialis kandungan atau bidan yang komunikatif, sehingga kita nyaman mengutarakan kekhawatiran kita dan teredukasi dengan baik seputar kesehatan ibu hamil dan janin.

  • Mereka juga dapat membantu jika kita dirasa mengalami gangguan kesehatan mental.

 

Baca Juga : 7 Langkah Mengatur Keuangan Keluarga untuk Persiapan Biaya Kehamilan dan Melahirkan

 

Komunitas Ibu Hamil

  • Daftarkan diri pada kelas prenatal seperti yoga, senam hamil, atau perawatan bayi. Disana kita bisa bertemu dengan sesama ibu hamil dan bisa bertukar pengalaman atau cerita seputar kehamilan.

  • Siapa tahu kita bisa mendapatkan rekomendasi rumah sakit yang bagus, misalnya, atau bisa menawarkan untuk saling memberikan bantuan.

 

Layanan Jasa

  • Kondisi fisik dan kesehatan ibu hamil terkadang bisa menurun karena berbagai efek samping kehamilan yang dialami.

  • Karenanya, akan sangat membantu jika kita mendelegasikan beberapa tugas harian kepada layanan jasa, seperti katering, laundry, atau home cleaning.

  • Dengan demikian, kita bisa tidak terlalu lelah dan mempunyai waktu untuk istirahat.

Meskipun tanpa dukungan keluarga karena tinggal berjauhan, kita bisa tetap mendapat bantuan dan dukungan yang kita butuhkan dengan membangun support system dalam kehamilan dari orang-orang di sekitar kita.

 

Baca Juga : Tips Hamil LDM | Yang Harus dilakukan Pasangan Jarak Jauh saat Program Hamil

 

Ditulis oleh : Muna Fitria

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa