Tips & Trik

Ingin Punya Anak Laki-Laki? Simak Tipsnya Berikut Ini!

Ulasan lengkap tips alami serta prosedur medis untuk memperbesar peluang kehamilan anak laki-laki. Simak selengkapnya disini.

Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang hamil anak laki-laki.

 

Sperma dengan Kromosom Y

Semua bayi memiliki 22 pasang kromosom biasa, satu pasang terdiri dari 22 gen dari ibu dan satu pasang lagi dari ayah.

Namun, laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan pada sepasang kromosom ke-23, anak-anak perempuan mempunyai dua salinan kromosom bernama X (XX) dan anak laki-laki mempunyai satu X tunggal disertai kromosom yang mungil bernama Y (XY).

Sperma dengan kromosom Y inilah yang menentukan jenis kelamin bayi laki-laki.

 

Tips Hamil Anak Laki-Laki

Berikut ini beberapa teori dari para ahli di tahun 1960 agar hamil bayi laki-laki :

 

1. Waktu berhubungan

Ada beberapa pendapat mengenai waktu berhubungan

  • Menurut The Shettles Method , melakukan hubungan suami istri berdekatan dengan waktu ovulasi memungkinkan sperma kromosom Y untuk mencapai saluran telur lebih dulu.

  • Menurut dokter kandungan Elisa Ross, MD, dari Cleveland Clinic : Pada penelitian terbaru, hubungan suami istri pada saat program hamil dapat dilakukan mulai dari enam hari sebelum wanita ovulasi, tidak membatasi hubungan suami istri harus berdekatan dengan saat ovulasi saja.

  • Dikutip dari situs healthywoman.org dan tommys.org, waktu yang tepat untuk berhubungan suami istri agar cepat hamil adalah saat Mommy dalam masa paling subur, yaitu dua hari sebelum ovulasi atau sesudah ovulasi.

 

2. Posisi Hamil Anak Laki-Laki

Posisi hubungan suami istri dengan penetrasi yang dalam akan membantu sperma kromosom Y lebih mudah sampai ke saluran telur.

Dikutip dari ivfmd.com, berbagai posisi ini dapat membantu sperma kromosom Y lebih mudah sampai ke saluran telur:

  • Misionaris

Menurut Scott Roseff, MD, ahli endokrinologi reproduksi di IVFMD di Boca Raton, dari semua posisi berhubungan suami istri yang memberi peluang terbaik untuk hamil adalah posisi misionaris. Alasannya adalah posisi ini memiliki jarak yang begitu dekat antara rahim dengan sperma.Doggy Style

Menurut Jennifer Landa, MD, seorang dokter kandungan di BodyLogicMD di Orlando, banyak pasangan menyukai gaya hubungan suami istri ini karena memungkinkan pria untuk melakukan penetrasi lebih dalam.

  • Leg on Shoulder

Jennifer Landa, MD, seorang dokter kandungan di BodyLogicMD di Orlando menyarankan variasi dari posisi misionaris dengan cara istri berbaring dan mengangkat kaki di atas bahu suami.

  • Reverse Cow Girl

Variasi lainnya dari posisi woman on top, pada posisi ini istri membelakangi suami. “Pada posisi ini istri dapat mengontrol kedalaman penetrasi untuk memastikan rahim berada tepat di atas penis saat ejakulasi,” ujar Dr. Landa.

  • The Wheelbarrow

Merupakan variasi dari posisi Doggy Style. Pada posisi ini, suami berdiri sambil mengangkat kaki dan melakukan penetrasi dari belakang, posisi badan istri seperti merangkak. “Ini merupakan posisi yang mirip dengan doggy style dan akan memberikan kedalaman penetrasi yang sangat baik sehingga sperma lebih mudah sampai ke rahim,” kata Dr. Landa.

  • Side-by-side Scissors

Pada posisi ini, pasangan saling berhadapan dengan menyilangkan kaki membentuk gunting, menurut Dr.Landa, “Selain romantis dan terasa intim, posisi ini memungkinkan posisi penetrasi yang optimal“.

 

Baca Juga : Ketahui Posisi dan Cara Berhubungan Suami Istri Ini Agar Cepat Hamil.

 

Mitos atau Fakta

Ada sejumlah mitos dan fakta seputar program hamil anak laki-laki, yaitu:

  • Mencuci Vagina

Menurut dokter kandungan Elisa Ross, MD, dari Cleveland Clinic: Mencuci vagina atau menggunakan obat batuk sebagai pelumas akan membahayakan kesehatan vagina dan tentu membunuh sperma yang masuk. Sangat tidak direkomendasikan untuk melakukan cara ini.

  • Tinggi Kalori

Penelitian oleh Universitas Exeter dan Oxford membuktikan bahwa jenis kelamin anak terkait dengan pola makan ibunya. Diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences, penelitian tersebut menunjukkan hubungan yang jelas antara asupan kalori yang lebih tinggi sekitar waktu pembuahan dan kelahiran anak laki-laki.

  • Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Potasium

Penelitian oleh Universitas Exeter dan Oxford  juga menunjukkan bahwa ada hubungan antara mengonsumi makanan yang mengandung potasium dengan hamil bayi laki-laki.

Namun, Dr. Elisa Ross, MD, dari Cleveland Clinic menjelaskan bahwa hanya 5% dari jumlah wanita dalam penelitian tersebut yang hamil bayi laki-laki.

Meski begitu, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang mengandung potasium yang dapat meningkatkan peluang hamil bayi laki-laki.

Dijelaskan juga pada artikel di situs uwhealth.org, orang dewasa membutuhkan sekitar 4.700 mg potasium setiap hari. Contoh makanan yang mengandung potasium adalah yogurt, pisang, melon, anggur, tomat, prune, labu, dan bayam.

 

Program Kehamilan Anak Laki-Laki

Cara pasti agar hamil anak laki-laki adalah dengan menggunakan program kehamilan sebagai berikut:

  1. PGD atau preimplantation genetic diagnosis pada proses IVF, di mana sperma ditanamkan pada sel telur lalu embrio diuji untuk menentukan jenis kelamin sebelum ditempatkan di rahim wanita.

  1. Dikutip dari mayoclinic.org, selain PGD dapat dilakukan juga penyortiran sperma. Berbagai teknik pemilahan sperma yang memerlukan inseminasi buatan atau IVF dapat digunakan untuk mengurangi potensi penyakit bawaan genetis serta memilih jenis kelamin anak.

Namun, prosedur untuk memilih jenis kelamin ini tidak dianjurkan jika tidak ada alasan nonmedis atau kondisi medis tertentu.

 

Pola Makan Sehat

Yang paling penting adalah mempersiapkan nutrisi yang tepat agar hamil anak laki-laki.

Terapkan pola makan sehat untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat, berikut ini kutipan dari tommys.org dan americanpregnancy.org:

  1. Konsumsi asam folat minimal 400 mg. Selain suplemen, asam folat terdapat pada sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan, gandum, dan buah citrus.

  1. Konsumsi kalsium minimal 1000 mg. Kalsium alami terdapat pada salmon, sarden, low fat yoghurt, dan keju.

  1. Konsumsi vitamin dan mineral. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

  1. Konsumi makanan berserat tinggi seperti pasta, gandum, roti, dan biji-bijian

  1. Hindari makanan berlemak jenuh seperti gorengan atau makanan yang digoreng, kue, biskuit, dan lainnya.

  1. Perbanyak konsumsi makanan dengan lemah tak jenuh seperti alpukat, minyak ikan, kacang-kacangan, dan olive oil

  1. Kurangi makanan dan minuman dengan gula tinggi

Sebelum memulai pola makan sehat ini pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter gizi dan dokter kandungan ya.

Sebelum mencoba cara-cara agar hamil anak laki-laki seperti yang telah disebutkan, sebaiknya berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter kandungan terlebih dahulu.

 

Baca Juga : Sedang merencakan kehamilan? Berikut 7 Cara Cepat Hamil yang Dapat Dilakukan

 

Ditulis oleh : Dini Ramdhaniar

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa