Tips & Trik

Ingin Punya Anak Perempuan? Simak Tipsnya Berikut Ini

Ulasan lengkap tips alami serta prosedur medis untuk memperbesar peluang kehamilan anak perempuan. Simak selengkapnya disini.

Ada beberapa alasan seorang ibu ingin punya anak perempuan, misalnya saja karena sudah punya anak laki-laki sebelumnya, tidak punya saudara kandung perempuan, atau sesederhana ingin punya teman perempuan di rumah.

Penelitian dari National Center for Biotechnology Information membuktikan bahwa peluang memiliki anak laki-laki dan perempuan adalah sama, yaitu 50:50.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya melakukan cara-cara ini jika ingin punya anak perempuan.

 

1. Waktu berhubungan suami istri

Terdapat beberapa teori mengenai waktu yang tepat untuk berhubungan suami istri:

  • Dikutip dari newkidscenter.org, Metode Shettles untuk mendapatkan anak perempuan adalah dengan berhubungan suami istri 3-4 hari sebelum ovulasi, lalu berhenti berhubungan suami istri 1-2 hari sebelum dan setelah ovulasi. Ini untuk memastikan sperma kromosom perempuan akan tetap ada dan dibuahi. Metode ini mengklaim tingkat keberhasilan 75%.

  • Teori lainnya pada newkidscenter.org, merekomendasikan untuk berhubungan suami istri sesering mungkin. Meningkatnya hubungan suami istri akan menyebabkan kesempatan sperma kromosom pria untuk dibuahi lebih sedikit.

  • Menurut situs healthywoman.org dan tommys.org, waktu berhubungan suami istri tidak akan menentukan gender bayi namun waktu yang tepat untuk berhubungan suami istri agar cepat hamil adalah saat Mommy dalam masa paling subur, yaitu dua hari sebelum ovulasi atau sesudah ovulasi.

 

2. Orgasme

  • Menurut The Shettles Method, Suami harus orgasme duluan sebelum istri untuk membuat lingkungan vagina semakin basa sehingga kondusif bagi sperma X.

  • Dalam bukunya tahun 1970, Shettles mengklaim tingkat keberhasilan 80% untuk metodenya berdasarkan penelitian dari pasiennya sendiri.

  • Namun, Shettles tidak menjamin bahwa metodenya akan selalu sukses.

 

3. Mengatur pola makan

Tips lainnya jika ingin anak perempuan juga terdapat pada situs newkidscenter.org berikut ini:

  • Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran seperti bayam, kacang-kacangan dan brokoli

  • Konsumsi makanan kaya kalsium dan magnesium seperti buah-buahan dan nasi

  • Konsumsi makan makanan yang asam. Lingkungan asam cocok untuk sperma kromosom X seperti jeruk, coklat, dan soda serta hindari makanan yang bersifat basa.

  • Kurangi makanan yang asin seperti keju atau makanan olahan.

 

4. Mandi Air Hangat

Dikutip dari situs newkidscenter.org, sperma kromosom X lebih toleran terhadap suhu hangat, disarankan untuk mandi air hangat sebelum berhubungan suami istri

 

Mitos atau Fakta

Terdapat beberapa mitos terkait dengan tips untuk hamil anak perempuan, berikut ini fakta-faktanya.

 

1. Posisi

Menurut dokter kandungan Elisa Ross, MD, dari Cleveland Clinic, tidak ada posisi hubungan suami istri tertentu yang dapat menentukan jenis kelamin bayi.

 

Baca Juga : Ketahui Posisi dan Cara Berhubungan Suami Istri Ini Agar Cepat Hamil.

 

2. Membasuh Vagina

Menurut dokter kandungan Elisa Ross, MD  juga membasuh vagina dengan cuka akan membahayakan kesehatan vagina dan tentu membunuh sperma yang masuk. Sangat tidak direkomendasikan untuk melakukan cara ini.

 

3. Waktu berhubungan

Diterbitkan The New England Journal of Medicine pada tahun 1995 yang menyangkal teori bahwa waktu hubungan suami istri dapat mempengaruhi jenis kelamin bayi dan menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara keduanya.

 

4. Sperma X berenang lebih lambat

Pada jurnal di National Center for Biotechnology Information juga disebutkan bahwa sejauh ini, para peneliti tidak menemukan perbedaan antara sperma X  (perempuan) dan sperma Y (laki-laki) dan sperma Y tidak berenang lebih cepat dari sperma X.

 

Program Hamil Anak Perempuan

Dikutip dari mayoclinic.org, interveksi teknologi adalah cara pasti untuk memperbesar peluang agar hamil anak perempuan seperti:

  1. PGD atau preimplantation genetic diagnosis bagian dari proses IVF, di mana sperma ditanamkan pada sel telur lalu embrio diuji untuk menentukan jenis kelamin sebelum ditempatkan di rahim wanita.

  1. Berbagai teknik pemilahan sperma yang memerlukan inseminasi buatan atau IVF dapat digunakan untuk mengurangi potensi penyakit bawaan genetis serta memilih jenis kelamin anak.

Meski begitu, sebaiknya cara ini dilakukan jika memang ada kondisi medis tertentu, bukan hanya untuk memilih jenis kelamin bayi saja.

Jika ingin punya anak perempuan tidak ada salahnya mencoba tips-tips yang telah dipaparkan sebelumnya selama aman bagi kesehatan dan pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya.

 

Baca Juga : Sedang merencakan kehamilan? Berikut 7 Cara Cepat Hamil yang Dapat Dilakukan

 

Ditulis oleh : Dini Ramdhaniar

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa