Tips & Trik

Ketahui Posisi dan Cara Berhubungan Suami Istri Ini Agar Cepat Hamil.

Sedang merencanakan kehamilan? Yuk ketahui masa subur , pola hidup sehat, posisi dan cara berhubungan suami istri ini agar cepat hamil.

Bagi pasangan yang sedang melakukan program hamil, perhitungan masa subur menjadi faktor yang sangat penting.

Selain itu, mencoba cara berhubungan suami istri berikut ini dapat memperbesar peluang agar cepat hamil.

Sebelum mengatur posisi hubungan suami istri, bisa melakukan tips dalam berhubungan suami istri seperti yang dikutip dari situs healthywomen.org dan tommys.org berikut ini:

 

1. Waktu yang tepat

  • Waktu yang tepat adalah segalanya saat merencanakan kehamilan. Kapan waktu yang tepat untuk berhubungan suami istri agar cepat hamil? Jawabannya adalah saat wanita dalam masa paling subur, yaitu dua hari sebelum ovulasi atau sesudah ovulasi.

  • Sel telur hidup sekitar 12-24 jam setelah dilepaskan. Sel telur harus dibuahi oleh sperma pada jangka waktu ini agar wanita bisa hamil.

  • Sperma dapat hidup sekitar 5 hari di dalam tubuh wanita, jadi jika pernah berhubungan suami istri beberapa hari sebelum ovulasi, sperma dapat ‘menunggu’ sel telur untuk dilepaskan.

  • 2-3 hari sebelum berhubungan, pria bisa mengosongkan sperma untuk menghasilkan sperma dengan kualitas yang baik.

  • Namun, hal ini sebaiknya tidak dijadikan faktor utama dalam menentukan waktu berhubungan suami istri.

 

2. Lakukan secara teratur

  • Mengingat ovulasi itu penting, kita tentu tidak ingin membatasi hubungan suami istri hanya pada saat masa subur saja.

  • Idealnya, berhubungan suami istri secara teratur dan tanpa kontrasepsi setiap 2 sampai 3 hari akan memberi peluang hamil terbaik.

  • Menurut situs tommys.org, 8 dari 10 pasangan, di mana wanita berusia di bawah 40 tahun akan hamil dalam waktu satu tahun jika mereka melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi secara teratur. Lebih dari 9 dari 10 pasangan akan hamil dalam dua tahun.

 

Baca Juga : Ingin Punya Anak Laki-Laki? Simak Tipsnya Berikut Ini!

 

 3. Tidak terlalu mencemaskan ejakulasi suami

Ejakulasi suami merupakan hal penting saat merencanakan kehamilan, namun sebaiknya tidak terlalu fokus pada ejakulasi suami saja, yang terpenting adalah membangun mood dengan baik dan jadikan hubungan suami istri sebagai aktivitas yang menyenangkan bagi istri dan suami.

 

 4. Menghindari Stress

Untuk itu lakukan beberapa hal ini untuk menghindari stres dan membuat hubungan suami istri jadi lebih menyenangkan selama program hamil, seperti :

  • Luangkan waktu khusus untuk melakukan hal-hal romantis bersama suami, misalnya candle light dinner di rumah.

  • Rencanakan liburan di waktu yang dekat dengan masa subur, suasana dan tempat yang baru mungkin akan membuat hubungan suami istri lebih menyenangkan.

 

5. Mencari posisi berhubungan suami istri yang dipercaya dapat meningkatkan peluang kehamilan

  • Tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa ada posisi-posisi tertentu yang membuat wanita cepat hamil lebih cepat daripada wanita lainnya.

  • Meski begitu, tidak ada salahnya mencoba posisi berhubungan suami istri yang dipercaya dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Hal-hal yang harus diketahui untuk menentukan posisi berhubungan suami istri yang tepat agar cepat hamil:

  • Sperma harus berada sedekat mungkin dengan rahim, oleh karena itu dibutuhkan posisi berhubungan suami istri dengan penetrasi yang dalam.

  • Sperma harus mencapai sel telur semudah mungkin, artinya sperma tidak boleh melawan gravitasi. Hindari posisi seperti women on top atau posisi berdiri.

 

Posisi

Dikutip dari situs ivfmd.com, beberapa dokter spesialis merekomendasikan enam cara berhubungan suami istri ini untuk meningkatkan peluang kehamilan:

1. Misionaris

  • Menurut Scott Roseff, MD, ahli endokrinologi reproduksi di IVFMD di Boca Raton, dari semua posisi berhubungan suami istri yang memberi peluang terbaik untuk hamil adalah posisi misionaris.

  • Alasannya adalah posisi ini memiliki jarak yang begitu dekat antara rahim dengan sperma.

  • Untuk mengoptimalkan posisi misionaris ini, istri berbaring telentang dengan bantal di bawah pinggul, sehingga panggul terangkat. Setelah ejakulasi terjadi, istri tetap telentang selama sekitar 20 menit sebelum bangun karena hal ini dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan, tambah Dr. Roseff.

2. Doggy Style

  • Menurut Jennifer Landa, MD, seorang dokter kandungan di BodyLogicMD di Orlando, banyak pasangan menyukai gaya hubungan suami istri ini karena memungkinkan pria untuk melakukan penetrasi lebih dalam.

  • “Doggy style mungkin merupakan posisi yang bagus untuk hamil karena memiliki kedalaman penetrasi yang sangat baik, kepala penis berada tepat di mulut rahim yang berarti sperma dilepaskan dalam posisi optimal untuk menuju rahim,” kata Dr. Landa.

3. Leg on Shoulder

Dr.Landa menyarankan variasi dari posisi misionaris dengan cara istri berbaring dan mengangkat kaki di atas bahu suami. “Penis pria semakin dekat ke vagina wanita karena gravitasi, hal itu membuat sperma lebih mudah masuk ke rahim.”

4. Reverse Cow Girl

Variasi lainnya dari posisi woman on top, pada posisi ini istri membelakangi suami. “Pada posisi ini istri dapat mengontrol kedalaman penetrasi untuk memastikan rahim berada tepat di atas penis saat ejakulasi,” jelas Dr. Landa.

5. The Wheelbarrow

Merupakan variasi dari posisi Doggy Style. Pada posisi ini, suami berdiri sambil mengangkat kaki dan melakukan penetrasi dari belakang, posisi badan istri seperti merangkak.

“Ini merupakan posisi yang mirip dengan doggy style dan akan memberikan kedalaman penetrasi yang sangat baik sehingga sperma lebih mudah sampai ke rahim,” kata Dr. Landa.

6. Side-by-side Scissors

Pada posisi ini, pasangan saling berhadapan dengan menyilangkan kaki membentuk gunting, menurut Dr.Landa, “Selain romantis dan terasa intim, posisi ini memungkinkan posisi penetrasi yang optimal“.

 

Baca Juga : Ketahui Posisi dan Cara Berhubungan Suami Istri Ini Agar Cepat Hamil.

 

Mengangkat Kaki, Mitos atau Fakta?

  • Dikutip dari situs uscfertility.org, belum ada bukti bahwa berbaring telentang atau mengangkat kaki dalam waktu lama setelah hubungan seksual akan meningkatkan peluang untuk hamil.

  • Ini karena sperma masuk ke saluran rahim dalam beberapa detik dan diperkirakan masuk ke saluran telur dalam waktu kurang dari dua menit.Meski begitu, tidak ada salahnya mencoba mengangkat kaki yang dipercaya meningkatkan peluang kehamilan.

  • Mencoba berbagai cara dan posisi hubungan suami istri untuk hamil berpotensi membuat kita dan suami menjadi stres apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lebih lama dari perkiraan.

  • Padahal seharusnya hubungan suami istri membawa kebahagian dan kenyamanan sehingga istri dan suami semakin dekat.

Demikian tips berhubungan suami istri untuk kehamilan. Selama mencoba, semoga rencananya dilancarkan.

 

Baca Juga : Sedang merencakan kehamilan? Berikut 7 Cara Cepat Hamil yang Dapat Dilakukan

 

Ditulis oleh : Dini Ramdhaniar

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa