Tips & Trik

Ingin Punya anak Kembar? Cari Tahu Berbagai Cara Program Hamil Kembar

Bagi pasangan yang mendambakan bayi kembar, berikut ini berbagai tips untuk program bayi kembar. Selenkapnya disini.

Tidak sedikit pasangan suami istri yang mendambakan bayi kembar.  Yuk simak tips dan informasi mengenai program bayi kembar berikut ini.

 

Faktor Kehamilan Kembar

Ini faktor-faktor yang dapat menyebabkan peluang hamil kembar semakin besar.

1. Riwayat keluarga.

Ada keluarga tertentu yang cenderung memiliki bayi kembar.

2. Perawatan Kesuburan

Menjalani perawatan kesuburan atau mengonsumsi obat untuk meningkatkan kesuburan.

3. Program Bayi Tabung

  • Menjalani inseminasi atau program bayi tabung. Program bayi tabung atau inseminasi memiliki peluang lebih tinggi untuk dapat memiliki bayi kembar.

  • Pada jurnal yang diterbitkan nlm.nih.gov, faktor utama yang mempengaruhi terjadinya kembar adalah perawatan kesuburan.

  • Hampir sepertiga dari semua bayi kembar yang lahir di Amerika Serikat dapat dikaitkan dengan intervensi fertilisasi in vitro (IVF), induksi ovulasi, dan inseminasi intrauterin (IUI).

 

Baca Juga : Ketahui Posisi dan Cara Berhubungan Suami Istri Ini Agar Cepat Hamil.

 

4. Pola Makan

Sebuah penelitian membuktikan bahwa perubahan pola makan dapat memengaruhi peluang wanita untuk hamil kembar. Dengan membandingkan wanita yang vegan dan tidak mengonsumsi produk hewani dengan wanita yang makan produk hewani.

Gary Steinman, MD, PhD, menemukan bahwa mengonsumsi produk hewani khususnya produk susu memiliki peluang lima kali lebih besar untuk hamil kembar. Studi ini diterbitkan dalam Journal of Reproductive Medicine Edisi 20 Mei 2006.

5. Multivitamin

Pada jurnal di lainnya juga dijelaskan bahwa peluang lebih besar hamil kembar terjadi pada grup penelitian yang mengonsumsi vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kesuburan daripada yang tidak mengonsumsinya.

Empat dari lima hasil observasi menunjukkan adanya korelasi antara peluang hamil kembar dan penggunaan multivitamin 1 bulan sebelum dan 3 bulan sesudah berhubungan suami istri.

Meskipun di Indonesia belum ada penelitian serupa, tetapi tidak ada salahnya untuk mengatur pola makan yang sehat jika ingin program hamil kembar.

 

Biaya Program Hamil

Dikutip dari berbagai situs rumah sakit : omnihospital.com, sammariewijaya.com, sammariebasra.com, dan situs binaan BKKBN siapnikah.org, biaya inseminasi berkisar antara 2,9 juta hingga 7 juta rupiah sementara biaya untuk program bayi tabung berkisar antara 45 juta hingga 105 juta rupiah.

 

Tanda-Tanda Hamil Kembar

Berikut ini tanda-tanda jika sedang hamil bayi kembar:

  • Tanda awal adalah jika pembesaran rahim melebihi usia kehamilan. Hal ini akan dikonfirmasi melalui pemeriksaan USG. Melalui USG ini juga dapat dideteksi jenis kehamilan kembar tersebut apakah fraternal atau kembar identik.

  • Perut lebih besar dari usia kehamilan. Perut hamil setiap wanita memiliki berbagai bentuk dan ukuran namun jika perut terlihat lebih besar dari seharusnya pada usia kehamilan 12 minggu, ada kemungkinan sedang mengandung bayi kembar.

  • Wanita dengan rentang usia 30-40 tahun memiliki kemungkinan untuk hamil kembar karena cenderung melepaskan lebih dari satu sel telur pada saat ovulasi.

  • Mengalami morning sickness yang cukup berat dan lebih dari trimester pertama.

  • Pada beberapa ibu yang hamil kembar akan mengalami heartburn, gangguan pencernaan, varises pada pergelangan kaki atau vulva, dan sakit punggung karena membawa beban yang lebih berat dalam perutnya.

  • Merasakan gerakan bayi di bagian perut yang berbeda dalam waktu bersamaan

  • Mengalami kenaikan berat badan yang drastis di trimester pertama

  • Pada saat USG, dokter akan menemukan lebih dari satu detak jantung

Dari beberapa program hamil kembar di atas, manakah yang dipilih? Apapun pilihannya, konsultasikan dengan dokter kandungan ya.

 

Baca Juga : Sedang merencakan kehamilan? Berikut 7 Cara Cepat Hamil yang Dapat Dilakukan

 

Ditulis oleh : Dini Ramdhaniar

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa