Perencanaan Keluarga

Pro Kontra Jika Jarak Kehamilan Terlalu Dekat dengan Persalinan Sebelumnya

Sebaiknya menunggu berapa lama untuk hamil lagi? Apakah lebih baik ditunda lebih lama karena jarak kehamilan dekat berisiko? Cari tahu jawabannya disini.

Banyak pendapat mengenai keuntungan mempunyai anak dengan jarak usia dekat. Namun jarak kehamilan dekat juga mempunyai banyak risiko, terutama dari segi kesehatan.

Berikut yang perlu diketahui jika jarak kehamilan dekat dengan persalinan sebelumnya:

 

Risiko Kehamilan Jarak Dekat

Idealnya, kita perlu menunggu sekitar 18-24 bulan sebelum mulai program hamil berikutnya. Hal ini disebabkan risiko kesehatan yang menyertainya, termasuk:

  • Meningkatnya risiko komplikasi persalinan

Termasuk bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah (BBLR), jika jarak kehamilan kurang dari 2 tahun.

  • Meningkatkan risiko kehamilan

Termasuk ukuran janin lebih kecil berdasarkan usia kehamilan (small for gestational age), plasenta abrupsi (plasenta lepas dari rahim sebelum janin lahir) atau plasenta previa (plasenta menutupi jalan lahir).

  • Kelelahan

Kemungkinan besar kita akan sangat kelelahan merawat balita dalam kondisi hamil. Sebabnya, cadangan kalsium dan zat besi dalam tubuh masih rendah dari kehamilan sebelumnya.

  • Kecemburuan

Balita di bawah 3 tahun masih membutuhkan perhatian terus menerus karena tingkat kemandirian mereka masih sangat rendah. Mereka masih memerlukan kita untuk memenuhi kebutuhan mereka. Balita akan merasa cemas saat kebutuhannya tidak segera terpenuhi dan seringkali perasaan ini berubah menjadi amukan, rengekan, atau tantrum.

  • Tandem Nursing

Atau menyusui si kakak saat hamil atau berbarengan dengan adik bayi dilaporkan dapat menyebabkan pemberian gizi yang kurang optimal. Ibu hamil dengan jarak kehamilan kurang dari 2 tahun akan mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan nutrisi balita. Pasalnya, ada kemungkinan produksi ASI berkurang saat hamil atau menyusui memicu kontraksi rahim sehingga pemberian ASI kurang optimal.

 

Baca Juga : Pro Kontra Menjalani Pernikahan dan Kehamilan Saat Kuliah

 

Keuntungan Kehamilan Jarak Dekat

Jika kita lihat sisi positifnya, jarak kehamilan dekat sebenarnya juga memberikan kita banyak keuntungan.

Diantaranya adalah:

  • Kita akan mengalami periode waktu melelahkan di tahun-tahun pertama pertumbuhan dan perkembangan anak dalam satu waktu bersamaan.

  • Anak-anak tidak akan kesepian karena bisa bermain bersama. Saat bermain bersama, mereka akan cenderung lebih kreatif dalam “menciptakan” permainan baru.

  • Kemungkinan kecil terjadi perselisihan karena mereka menyukai aktivitas, permainan, atau acara TV yang sama.

  • Barang-barang milik kakaknya kemungkinan besar masih dalam kondisi bagus untuk digunakan oleh si adik, sehingga kita bisa menghemat pengeluaran untuk membeli perlengkapan dan peralatan bayi.

Setelah mengetahui pro dan kontra jarak kehamilan dekat, ada baiknya kita membicarakan matang-matang dengan pasangan mengenai perencanaan keluarga.

 

Baca Juga : Apa yang Harus Dipersiapkan Saat Berencana Melahirkan di Luar Negeri?

 

Ditulis oleh : Muna Fitria

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa