Perencanaan Keluarga

Apa yang Harus Dipersiapkan Saat Berencana Melahirkan di Luar Negeri?

Pastikan Mommy mempersiapkan diri dengan baik jika berencana hamil atau melahirkan di luar negeri. Ikuti tips berikut. Selengkapnya baca disini.

Pasti banyak kekhawatiran yang mengganggu pikiran jika sedang berencana hamil atau melahirkan di luar negeri. Simak panduan berikut ini, agar Mommy memiliki persiapan yang cukup.

 

Asuransi

Jika memungkinkan, pilih asuransi kesehatan bahkan sebelum hamil. Banyak polis yang tidak menanggung biaya persalinan, atau harus menunggu selama 12 bulan lebih untuk pengembalian dana.

Jika sudah memiliki asuransi, periksa batas maksimal biaya yang ditanggung dan coba periksa apakah itu cukup untuk biaya melahirkan di negara kita tinggal. Kita mungkin dapat melakukan survei untuk membandingkan biaya persalinan di beberapa rumah sakit. Kita juga bisa bertanya pada ibu lain dalam komunitas ekspatriat lokal.

 

Memilih Dokter dan Tempat Melahirkan

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih dokter atau tempat melahirkan di luar negeri:

  • Jenis Persalinan: Cari dokter atau rumah sakit yang mendukung pilihan jenis persalinan kita, apakah waterbirth, c-section, atau persalinan normal.

  • Rute dan Lama Perjalanan: Cari yang paling dekat dengan tempat tinggal dan paling mudah dijangkau dengan rute bebas macet.

  • Biaya: Jika memiliki asuransi, cari dokter atau rumah sakit yang merupakan rekanan perusahaan asuransi. Jika tidak memiliki asuransi, kita mungkin ingin mencari tempat persalinan dengan biaya paling sedikit.

 

Baca Juga : Pro Kontra Jika Jarak Kehamilan Terlalu Dekat dengan Persalinan Sebelumnya

 

Dokumen

Mempersiapkan dokumen kewarganegaraan dan paspor bayi adalah proses yang harus dilakukan jauh sebelum waktu melahirkan di luar negeri tiba. Putuskan kewarganegaraan apa yang akan dimiliki anak.

 

Dukungan Setelah Persalinan

Pastikan kita mendapatkan dukungan yang baik di beberapa minggu atau beberapa bulan pertama setelah melahirkan di luar negeri. Ini sangat penting bagi kita yang ikut suami kerja di luar negeri, karena dukungan keluarga dan teman tidak dapat terjangkau.

Cari tahu tentang komunitas dan layanan yang tersedia, seperti komunitas ibu, konsultan laktasi, perawat, dukungan untuk PPD (depresi pasca melahirkan), atau komunitas ekspatriat (warga Indonesia yang tinggal di negara tempat kita tinggal).

 

Pedoman Keselamatan

Pastikan kita mengetahui safety guidelines (pedoman keselamatan) ibu hamil dan bayi di negara kita tinggal. Karena perbedaan standar kesehatan dan keamanan, seringkali peraturan di negara lain berbeda dengan di Indonesia.

Di Amerika Serikat, misalnya, jika akan membawa pulang bayi dari RS pasca melahirkan, car seat sudah harus dipasang di mobil pribadi.

 

Bangun Support System

Berencana hamil dan melahirkan di luar negeri, kita tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Kondisi kehamilan dan pasca melahirkan tak jarang dapat membuat kita kewalahan mengurus pekerjaan sehari-hari.

Karenanya, kita perlu membangun support system dari orang-orang di sekitar kita: suami, teman komunitas dari negara yang sama, tetangga.

Manfaatkan layanan jasa yang dapat mengurangi beban pekerjaan kita, seperti layanan katering, laundry, day care atau home cleaning.

Kita juga bisa membangun kedekatan dengan tenaga medis yang merawat kita, sehingga kita merasa nyaman mengutarakan kekhawatiran kita dan teredukasi dengan baik seputar kesehatan ibu hamil dan janin.

Saat ikut suami kerja ke luar negeri, kita jauh dari dukungan teman dan keluarga. Karenanya, cari tahu selengkapnya informasi mengenai layanan kesehatan di negara kita tinggal agar kita tahu pilihan apa saja yang kita punya.  Semoga persalinannya berjalan lancar.

 

Baca Juga : Pro Kontra Menjalani Pernikahan dan Kehamilan Saat Kuliah

 

Ditulis oleh : Muna Fitria

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa