Menghadapi Infertilitas

5 Tips Mengatasi Perasaan Cemburu dan Sedih Karena Belum Hamil

Tuntutan untuk segera punya anak bisa memicu rasa sedih. Ketahui cara mengatasi rasa sedih karena belum hamil. Selengkapnya di sini.

Tuntutan lingkungan, terutama dari keluarga, yang mengharuskan segera memiliki anak adalah sumber stres yang cukup berat bagi pasangan dengan masalah infertilitas.

Tak jarang, kita diam-diam memendam kecemburuan pada wanita lain yang sudah memiliki anak dan merasa sedih karena belum hamil.

Berbagai usaha yang dilakukan untuk mengatasi atau mengurangi stres dan perasaan sedih karena tak kunjung hamil disebut coping. Berikut beberapa cara coping yang bisa kita lakukan:

 

1. Menghindari Pemicu Rasa Sedih dan Cemburu.

Setiap kali kita dihantam perasaan sedih karena belum hamil, perhatikan apa atau siapa penyebabnya.

Apakah postingan di media sosial yang memperlihatkan momen bahagia dengan anak? Apakah momen reuni dimana banyak teman seumuran yang sudah mempunyai anak? Jika sudah menemukan pemicunya, kita bisa menghindari bersinggungan dengannya.

 

Baca Juga : Merespon dengan Elegan dan Bijak Saat Ditanya Kapan Punya Anak

 

2. Mengubah Sudut Pandang.

Untuk mengubah sudut pandang, kita bisa mundur dan berhenti sejenak untuk memahami perasaan kita.

Mengapa sedih karena belum hamil? Apakah karena khawatir tidak akan pernah bisa punya anak?

Kemudian tentukan bagaimana kita akan melihat kondisi ini dengan cara lain. Sebagai contoh, kita bisa memandang “masalah infertilitas” sebagai “kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan pasangan”.

 

3. Mencari Dukungan Informasional.

Kita bisa mencari informasi, saran, atau sugesti yang dapat digunakan untuk memahami kondisi kita. Dukungan ini bisa didapat dari konsultasi dengan dokter, mencari second opinion, atau membaca.

Bergabung dengan komunitas juga dapat memberikan akses ke lebih banyak informasi.

Dengan membekali diri dengan informasi yang memadai, kita bisa menjawab komentar atau pertanyaan yang memicu rasa sedih karena belum hamil. Setidaknya, kita bisa menjawab dalam hati dan menenangkan diri sendiri.

 

4. Mencari Support System.

Saat merasa sedih karena tak kunjung hamil, kita cenderung merasa sendirian dan terisolasi. Di sinilah support system berperan, yaitu agar kita mempunyai orang yang dapat diandalkan untuk membantu kita.

Pilih orang-orang yang membuat kita merasa aman dan nyaman, seperti teman atau keluarga. Kita juga bisa mencari komunitas dengan anggota yang mempunyai masalah yang sama.

Tergabung dengan orang-orang dengan pengalaman serupa, kita akan merasa dimengerti, serta bisa saling membantu dan mendukung.

 

Baca Juga : Rahasia Suami Istri Tetap Bahagia Walau Belum Punya Anak

 

5. Fokus pada apa yang bisa kita kontrol.

Kita tentu tahu bahwa perkara hamil adalah kuasa Tuhan. Kita mampu mengendalikan seberapa rutin menjalankan perawatan dan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat, namun tidak bisa menentukan keberhasilannya.

Memikirkan sesuatu di luar kendali kita akan membuat kita merasa makin tidak berdaya dan malah akan menambah stres. Sebaliknya, fokus saja pada usaha dan proses agar bisa hamil.

Memahami keadaan dan emosi kita penting untuk mencegah pikiran atau penilaian diri yang tidak rasional.

Pastikan kita mempunyai support system yang dapat diandalkan untuk membantu kita mengatasi rasa sedih karena belum hamil.

 

Ditulis oleh : Muna Fitria

Sumber

  1. Rizka S. 2017. Koping Stres Wanita Menikah yang Belum Dikaruniai Anak. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi. 6(2): 61-65. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jppp/article/download/4927/3632/
  2. http://changingminds.org/techniques/general/reframing.html
  3. http://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/view/53/14

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa