Makanan & Nutrisi

Ulasan Lengkap Susu Promil untuk Persiapan Kehamilan

Saat sedang hamil, susu dianggap sebagai salah satu asupan penting. Namun, bagaimana dengan yang bersiap hamil, apa manfaat susu untuk persiapan kehamilan?

Perlukah Minum Susu Saat Promil?

Salah satu saran bagi wanita yang menjalani program hamil (promil) adalah rutin minum susu. Susu merupakan salah satu asupan kaya gizi.

  • Badan Pangan Dunia (FAO) menyebut susu mampu memenuhi kebutuhan magnesium dan selenium. Selain itu juga mengandung riboflavin, vitamin B12, vitamin D, dan vitamin B5.1

  • American Pregnancy Association menyarankan wanita yang sedang promil mengonsumsi 1.000 mg kalsium dalam sehari. Tiga porsi susu atau produk susu lainnya setiap hari sama dengan sekitar 1.000 miligram kalsium.5

  • Jika tidak ada pasokan kalsium yang cukup, kelak saat hamil, janin dapat mengambil kalsium dari tulang mommy-nya. Hal ini dapat membuat wanita berisiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

Nah, nutrisi ibu sebelum dan selama kehamilan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan janin. Karena itu, susu dan produk olahannya baik dikonsumsi sejak sebelum hamil bersama dengan sumber gizi lainnya.

 

Manfaat Minum Susu Saat Promil

Asupan gizi yang cukup dan status gizi ibu yang baik penting untuk perkembangan janin yang optimal.

Pola makan yang bervariasi dan sehat penting dilakukan sebelum pembuahan maupun selama kehamilan.

Salah satu sumber gizi yang bisa diasup sejak sebelum hamil adalah susu dan produk olahannya.

Berikut ini beberapa manfaat minum susu saat promil.

1. Meningkatkan kesuburan

Studi yang dilakukan Chavarro dkk. dan dimuat di Human Reproduction Journal menemukan kaitan konsumsi susu dan kesuburan.

Wanita yang minum 3 gelas susu atau lebih dalam sehari, kemungkinan tidak subur karena gagal ovulasi adalah 70 persen lebih kecil.2

Susu yang dimaksud adalah yang tinggi lemak. Sebaliknya, susu dan produk olahan susu rendah lemak justru meningkatkan risiko infertilitas.

Ketika kehamilan sudah didapat, yang dianjurkan dikonsumsi adalah susu rendah lemak.

2. Menjaga berat badan janin saat hamil

Ternyata ada hubungan positif antara konsumsi susu dan pertumbuhan janin serta berat lahir bayi pada populasi sehat di negara Barat.

Demikian hasil studi literatur dari berbagai penelitian antara tahun 2000 hingga 2011 yang dilakukan Brantsæter dkk.4

Asupan susu yang berlebihan saat hamil dikaitkan dengan peningkatan risiko ukuran janin besar. Sedangkan konsumsi susu dan produk susu dalam jumlah sedang dianggap lebih baik ketimbang asupan susu yang rendah.

Kebanyakan makalah juga menyoroti pentingnya memasukkan susu dan produk susu dalam makanan wanita hamil. Sebab susu menjadi sumber protein dan mengandung nutrisi bermanfaat lainnya.

3. Menurunkan risiko melahirkan anak yang alergi susu

Sebuah studi dari Finlandia menemukan bahwa konsumsi produk susu selama kehamilan dikaitkan dengan penurunan risiko alergi susu sapi pada anak-anak.3

4. Mendukung perkembangan janin

Susu merupakan salah satu sumber protein. Protein berpengaruh positif terhadap pertumbuhan jaringan janin, termasuk otak.

Bagi wanita hamil, protein berperan dalam peningkatan suplai darah. Selain itu, mendukung perkembangan jaringan rahim. Para ahli merekomendasikan 75 hingga 100 gram protein per hari. 5

5. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Susu merupakan cairan yang bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Terpenuhinya cairan akan membuat organ tubuh berfungsi optimal.

 

Rekomendasi Susu Promil

Susu dan produk susu merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. Asupan ini bisa menjadi bagian dari diet sehat dan seimbang. Nah, bagi yang sedang promil, beberapa susu berikut ini bisa dicoba untuk dikonsumsi.

1. Susu kambing

Meski kurang populer dibandingkan susu sapi, namun susu kambing memiliki gizi yang tinggi. Susu kambing memiliki ukuran gumpalan lemak kecil. Selain itu, mempunyai kandungan asam lemak rantai pendek dan menengah yang tinggi.

Hal ini membuat susu kambing lebih mudah dicerna ketimbang susu sapi. Demikian dikutip dari buku Nutrients in Dairy and Their Implications on Health and Disease.8

Selain itu, susu kambing juga memiliki lebih banyak asam lemak esensial. Misalnya saja asam linoleat dan asam arakidonat, serta asam lemak rantai menengah.

Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA) memaparkan susu kambing memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan memungkinkan langsung diserap tubuh.

Selain itu, mengandung vitamin B2 yang bisa merangsang produksi antibodi, sehingga menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.9

Seperti susu lainnya, susu kambing pun merupakan sumber kalsium. Saat akan mengonsumsi susu kambing, sebaiknya dipastikan susunya telah dipasteurisasi.

Proses pasteurisasi memastikan bakteri jahat dalam susu akan mati. Kandungan sehat di dalam susu kambing membuatnya cocok dikonsumsi saat promil.

2. Susu kedelai

Susu kedelai dibuat dengan cara menggiling kedelai yang sebelumnya telah direndam air. Nah, produk kedelai, termasuk susu kedelai mengandung estrogenik.

Beberapa kalangan mengkhawatirkan kandungan ini bisa memengaruhi fungsi ovarium dan kesuburan.Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah wajar sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Dari data penelitian, hanya konsumsi protein kedelai secara berlebihan (> 100 mg isoflavon kedelai/ hari) yang dapat menyebabkan penurunan fungsi ovarium.11

Susu kedelai yang telah difortifikasi juga menjadi salah satu sumber kalsium bagi yang sedang promil.

Bila dikonsumsi saat hamil, kandungan ini tentu memberikan manfaat bagi perkembangan tulang dan gigi janin.

3. Susu promil atau susu kehamilan

Saat ini di pasaran banyak dijual susu khusus bagi wanita. Ada susu khusus program hamil, susu untuk wanita hamil, dan susu untuk wanita menyusui.

Nutrisi yang dikandung dalam susu khusus tersebut diformulasikan sesuai dengan tahapan-tahapan yang sedang dijalani.

Jadi, amankah mengonsumsi susu pada saat promil? Tentu saja aman. Minum susu pada saat promil, hamil, maupun menyusui sah-sah saja.

Protein dalam susu akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

 

Baca Juga : Program Hamil ? Konsumsi Makanan Ini Untuk Tingkatkan Peluang Kehamilan

 

Review Susu Promil dan Susu Kehamilan

Berikut ini beberapa produk susu di pasaran yang diperuntukkan bagi wanita yang sedang promil.

1. Prenagen Esensis

Salah satu susu persiapan kehamilan adalah PRENAGEN Esensis. Ini merupakan susu rendah lemak yang mengandung zat besi, asam folat, kalsium, serat pangan, dan vitamin E.

Konsumsi asam folat sejak sebelum hamil bertujuan untuk menghindari risiko cacat tabung saraf pada janin.

2. Anmum

Anmum Materna merupakan susu khusus wanita hamil yang bisa dikonsumsi sejak masa promil. Susu ini mengandung nuelipid, merupakan gabungan berbagai nutrisi yang disebut bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

Anmum Materna juga diperkaya Gangliosida (GA). GA disebut berperan penting pada perkembangan otak. Selain itu mengandung asam folat, serat pangan, serta kalsium dan zat besi.

Ada pula Anmum Emesa. Susu ini dilengkapi vitamin B6 dan protein yang dapat membantu mengurangi mual dan muntah.

3. Lactamil Inisis

Lactamil Inisis hadir untuk mendukung wanita di masa konsepsi hingga awal kehamilan. Formula ACTIDuobio+ merupakan kandungan andalan dari susu promil ini.

Lactamil Inisis mengandung zat besi untuk mencegah anemia. Juga dilengkapi dengan asam folat untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf otak. Selain itu, mengandung omega 6 yang diklaim membantu perkembangan otak janin, dan vitamin D untuk pertumbuhan janin.

4. Enfamama A+

Susu untuk wanita hamil dan menyusui ini bisa dikonsumsi pula pada masa promil. Enfamama A+ memiliki kandungan asam folat, kalsium, zat besi dan vitamin C.

5. SGM Bunda

SGM Bunda hadir dengan formula Complinutri. Susu untuk periode hamil dan menyusui ini tinggi zat besi, tinggi asam folat, serta tinggi kalsium dan vitamin D.

SGM Bunda juga mengandung minyak ikan. Kandungan ini diyakini bisa mendukung perkembangan saraf dan otak janin.

6. Frisian Flag Mama

Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA merupakan susu untuk masa hamil dan menyusui yang bisa dikonsumsi sejak sebelum hamil. Susu ini mengandung protein, karbohidrat dan lemak, serta serat pangan (Inulin).

Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA juga mengandung zat besi, kalsium, asam folat, juga 29 multivitamin dan mineral.

7. Susu Frisomum Gold Dualcare+

Pilihan susu lain yang bisa dikonsumsi sejak promil adalah Susu Frisomum Gold Dualcare+. Susu ini mengandung prebiotik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, serta mengurangi konstipasi atau sembelit.

Frisomum Gold Dualcare+ diperkaya zat besi untuk mencegah dan mengatasi anemia. Kandungan lainnya adalah kalsium yang bermanfaat dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi. Terdapat pula ALA/LA, asam lemak bagi perkembangan sel normal.

8. Lovamil

Lovamil merupakan susu untuk periode hamil dan menyusui. Kandungan Lovamil antara lain polydextrose, asam folat, DHA, Protein, dan zat besi esensial. Kandungan lainnya yakni vitamin, mineral, dan ekstrak katuk.

Nah, sekarang kita lebih memahami manfaat susu bagi promil, serta aneka susu promil yang bisa jadi pilihan. Semoga kehamilan sehat segera didapat.

 

Baca Juga : Jenis dan Jumlah Kebutuhan Vitamin untuk Program Hamil

 

Ditulis oleh : Nurvita Indarini

Sumber

  1. https://www.fao.org/news/story/en/item/203977/icode/
  2. Chavarro JE, Rich-Edwards JW, Rosner B, Willett WC. A prospective study of dairy foods intake and anovulatory infertility. Hum Reprod. 2007 May;22(5):1340-7. doi: 10.1093/humrep/dem019. Epub 2007 Feb 28. PMID: 17329264.
  3. https://helda.helsinki.fi/bitstream/handle/10138/27887/dietarya.pdf?sequence=1
  4. Brantsæter, A. L., Olafsdottir, A. S., Forsum, E., Olsen, S. F., & Thorsdottir, I. (2012). Does milk and dairy consumption during pregnancy influence fetal growth and infant birthweight? A systematic literature review. Food & nutrition research, 56, 10.3402/fnr.v56i0.20050. https://doi.org/10.3402/fnr.v56i0.20050. Dapat diakses di https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3505908/
  5. https://americanpregnancy.org/getting-pregnant/preconception-nutrition-70950
  6. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=nutrition-before-pregnancy-90-P02479
  7. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3929375/
  8. Turkmen N. Chapter 35-The nutritional value and health benefits of goat milk components. In: Watson R.R., Collier R.J., Preedy V.R., editors. Nutrients in Dairy and Their Implications on Health and Disease. Academic Press; Cambridge, MA, USA: 2017. Halaman 441–449
  9. https://naldc.nal.usda.gov/download/CAT86200665/PDF
  10. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6835441/
  11. Jefferson W. N. (2010). Adult ovarian function can be affected by high levels of soy. The Journal of nutrition, 140(12), 2322S–2325S. https://doi.org/10.3945/jn.110.123802
  12. https://www.prenagen.com/id/langkah-langkah-mempersiapkan-kehamilan#:~:text=PRENAGEN%20Esensis%20merupakan%20susu%20rendah,menghindari%20risiko%20cacat%20tabung%20saraf.
  13. https://www.anmum.com/id/id/products/anmum-materna
  14. https://nutricia.co.id/produk/detail-produk/title/lactamil-1/
  15. https://www.enfa.co.id/produk/enfamama-a-plus
  16. https://www.generasimaju.co.id/produk#kbs-sc
  17. https://www.frisianflag.com/produk/susu-ibu-balita/Frisian-Flag-Mama
  18. https://kalbenutritionals.com/id/our-product/lovamil

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa