Makanan & Nutrisi

Program Hamil ? Konsumsi Makanan Ini Untuk Tingkatkan Peluang Kehamilan

Makanan program hamil harus mengandung nutrisi untuk mendukung proses pembuahan dan kehamilan yang sehat. Rekomendasi daftar makanan dapat dibaca di sini

Nutrisi menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat program hamil. Konsumsi makanan program hamil yang tepat sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi setelah janin terbentuk serta meningkatkan kesuburan dan peluang kehamilan.

 

Tips Pola Makan

Hal-hal yang harus Mommy perhatikan terkait asupan makanan selama program hamil adalah:

  • Konsumsi makanan padat nutrisi yang mengandung beragam vitamin dan mineral dapat membantu Mommy menjadi sehat sebelum dan selama kehamilan.

  • Mengatur pola makan saat program hamil dilakukan untuk menjaga berat badan ideal agar meningkatkan peluang kehamilan

  • Konsumsi 400 mcg asam folat setidaknya 3 bulan sebelum kehamilan dapat mencegah bayi lahir cacat.

  • Gantikan konsumsi soda dan minuman yang mengandung pemanis buatan dengan air dan minuman rendah gulaHal ini dapat mengurangi risiko diabetes gestasional.

  • Sebaiknya batasi konsumsi kafein tidak lebih dari satu atau dua cangkir kopi setiap hari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat memengaruhi peluang kehamilan.

 

Baca Juga : Wajib Dicoba, Daftar Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

 

Diet seimbang untuk program hamil

Berikut ini adalah jenis makanan yang perlu Mommy konsumsi agar mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk proses pembuahan dan perkembangan janin nantinya.

Jenis makanan tersebut terdiri dari:

  • Makanan yang bersumber dari biji-bijian seperti jagung, beras, sereal, roti, pasta

  • Semua jenis buah
  • Sayuran dengan semua warna
  • Protein tanpa lemak dari daging, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, kacang polong, dan kedelai

  • Produk susu rendah lemak seperti susu, keju, dan yoghurt

  • Lemak sehat yang berasal dari alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak sayur, dan minyak zaitun

  • Minum air mineral sebanyak 1,5 – 2 liter/ hari untuk mencegah dehidrasi

 

Hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi daging:

Semua jenis daging harus dimasak dengan matang untuk mencegah toksoplasmosis yaitu penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gandii dalam makanan.

Selain itu memasak daging hingga matang juga dapat mencegah kontaminasi bakteri Listeria, Salmonella, dan Escherichia coli. Kontaminasi bakteri dan parasit dapat membahayakan janin dalam kandungan.

 

Baca Juga : Daftar Makanan Wajib untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

 

Konsumsi makanan program hamil untuk meningkatkan kesuburan

Diet kesuburan yang direkomendasikan adalah:

  • Mengurangi konsumsi lemak trans (contohnya margarine, makanan cepat saji, dan keripik) dan perbanyak konsumsi lemak tak jenuh tunggal (contohnya alpukat dan minyak zaitun).

  • Perbanyak konsumsi protein nabati dibanding protein hewani

  • Konsumsi makanan tinggi serat dan rendah karbohidrat (contohnya biji-bijian).

  • Konsumsi makanan yang mengandung zat besi (contohnya sayuran dan suplemen zat besi).

  • Konsumsi makanan yang mengandung zink (contohnya kerang) untuk meningkatkan hormone testosterone dan produksi cairan semen pada pria.

  • Hindari dan batasi konsumsi alkohol

  • Pertahankan berat badan ideal

Saat melakukan program hamil tentunya Mommy sering mendengar anjuran untuk mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan.

Berikut ini adalah ulasan dari beberapa pustaka ilmiah terkait jenis-jenis makanan yang dipercaya memiliki khasiat pada kesuburan:

 

Buah bit

Bit mengandung nitric oxide yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga memungkinkan suplai darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi menuju ke rahim dan ovarium.

Pada wanita yang sedang menjalani perawatan IVF dengan kondisi dinding rahim yang tipis direkomendasikan untuk mengonsumsi 300 ml jus bit/hari hingga implantasi.1

 

Air Lemon atau Jeruk nipis

Mengonsumsi air lemon atau jeruk nipis dipercaya dapat meningkatkan kesuburan bagi pasangan yang sulit mendapatkan keturunan, namun faktanya belum ada penelitian yang membuktikan manfaat tersebut.

Lemon dan jeruk nipis mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang dapat menurunkan kualitas sperma, sel telur, dan organ reproduksi.2

 

Daun kemangi

Meskipun daun kemangi dipercaya dapat meningkatkan kesuburan namun  ternyata daun kemangi justru memiliki efek antifertilitas.

Pada sebuah penelitian ekstrak benzene daun kemangi menunjukkan penurunan jumlah total sperma, motilitas dan kecepatan sperma secara reversibel.

Berdasarkan penelitian pada manusia dan hewan, konsumsi daun kemangi dalam jumlah banyak memberikan efek negatif pada kesuburan.3

 

Air kelapa muda

Belum ada penelitian yang menguji manfaat konsumsi air kelapa untuk kesuburan pada manusia, namun sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus wistar jantan menunjukkan konsumsi air kelapa selama 30 hari menunjukkan peningkatan jumlah dan motilitas (kemampuan bergerak) sperma.4

 

Sari kurma

Sari kurma telah digunakan secara luas sebagai pengobatan tradisional untuk meningkatkan kesuburan. Hal ini didukung dengan penelitian efek konsumsi sari buah kurma untuk kesuburan pada tikus.

Hasil penelitian menunjukkan ekstrak ethanol buah kurma dapat meningkatkan kualitas sperma meliputi jumlah sperma, motilitas sperma, dan bobot testis.

Bila dibandingkan dengan propolis, ekstrak ethanol buah kurma menunjukkan peningkatan kualitas sperma yang lebih baik.5

 

Rumput Fatimah

Rumput Fatimah dengan nama latin Labisia pumila terbukti efektif dalam pencegahan dan pengobatan penyakit yang disebabkan karena kurangnya hormon esterogen di dalam tubuh.

Efek ini muncul karena rumput Fatimah memiliki kemampuan fitoesterogenik dan anti-oksidan.

Fitoesterogen bermanfaat dalam mengobati gangguan endokrin dan metabolik seperti polycystic ovarian syndrome (PCOS). PCOS merupakan penyakit yang berhubungan dengan disfungsi ovulasi, hiperandrogenisme, ovarium polikistik, resistensi insulin, dan obesitas.6

 

Kayu Manis

Kayu manis berpotensi mengurangi resistensi insulin pada pasien dengan PCOS. Sebuah penelitian pada wanita dengan PCOS menunjukkan bahwa konsumsi 1500 mg suplemen kayu manis/hari selama 6 bulan memberikan efek perbaikan siklus menstruasi.7

 

Habbatussauda

Habbatussauda atau jintan hitam memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki spermatogenesis (produksi dan pematangan sperma).

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa habbatussauda dapat memperbaiki parameter sperma, cairan semen, sel Leydig, organ reproduksi, dan hormon seksual.

Meskipun hasil temuan ini menyarankan penggunaan Habbatussauda sebagai salah satu terapi untuk meningkatkan kesuburan namun belum cukup bukti yang kuat untuk menjadikan Habbatussauda sebagai terapi tambahan bagi pria yang tidak subur dan masih dibutuhkan lebih banyak penelitian klinis untuk membuktikan manfaat ini.8

 

Buah zuriat

Buah zuriat atau buah Doum dipercaya mampu meningkatkan kualitas sperma dan sel telur. Hingga saat ini belum tersedia penelitian yang menguji manfaat tersebut pada manusia.

Penelitian terkait manfaat buah zuriat untuk kesuburan pernah dilakukan pada kelinci. Dalam penelitian ini diketahui bahwa buah zuriat memiliki efek antioksidan sehingga dapat meningkatkan volume cairan semen, meningkatkan konsentrasi sperma, motilitas sperma, serta meningkatkan hormon testosteron.

Senyawa antioksidan berperan penting untuk menangkal stress oksidatif yang dapat merusak sel tubuh termasuk sel telur dan sel sperma.

Oleh karena itu, konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat meningkatkan kesehatan, termasuk kesehatan sistem reproduksi.9

 

Tauge

Penelitian yang membuktikan manfaat tauge bagi kesuburan masih terbatas. Berdasarkan kandungan di dalamnya, tauge memiliki daya antioksidan dan mengandung asam folat yang dibutuhkan bagi pria maupun wanita untuk menjaga kesuburan.13

 

Kacang kenari

Sebuah penelitian mengklaim bahwa konsumsi kacang kenari dapat meningkatkan kualitas sperma karena kacang kenari mengurangi peroksidasi lipid, yaitu proses yang menghancurkan sel sperma.14

 

Baca Juga : Daftar Makanan yang Dilarang Untuk Program Hamil

 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apakah konsumsi susu kedelai dapat meningkatkan kesuburan?

Sebuah penelitian pada pria dan wanita menunjukkan bahwa kedelai tidak memengaruhi tingkat kesuburan.

Selain itu, tidak ada perbedaan kesehatan reproduksi yang terlihat antara orang dewasa yang mengonsumsi susu formula kedelai dan susu formula sapi saat bayi.

Penelitian lain juga mengamati  hubungan antara konsumsi kedelai dan usia pubertas. Hasil penelitian pada 327 orang remaja perempuan menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi kedelai dengan usia dimulainya masa pubertas.

 

Makanan apa saja yang mengandung asam folat?

Asam folat yang secara alami terkandung dalam makanan disebut dengan folat. Makanan yang berfungsi sebagai sumber folat yang baik adalah:

  • Kacang-kacangan

  • Sayuran berdaun hijau seperti bayam

  • Asparagus

  • Brokoli

  • Buah jeruk

  • Buah berries

Asam folat terkadang ditambahkan pada makanan. Mommy dapat membaca pada label kemasan makanan untuk mengetahui apakah terdapat asam folat sebagai nutrisi tambahan pada makanan. Umumnya asam folat ditambahkan pada produk roti, tepung, nasi putih, atau sereal.

Kehamilan yang sehat dapat diupayakan melalui konsumsi makanan program hamil. Selain dengan makanan, hal yang tak kalah penting adalah olahraga.

 

Baca Juga : Program Hamil? Konsumsi Makanan Ini Untuk Tingkatkan Peluang Kehamilan

 

Ditulis oleh : apt. Silvia Dwi Puspa Susanti, S.Farm.

Sumber

  1. Harley Street Fertility Clinic, Beautiful Beetroots, [Internet], Tersedia dalam: https://hsfc.org.uk/beautiful-beetroots/
  2. MedHelp, Lemon water for fertility, [Internet], Tersedia dalam: https://www.medhelp.org/posts/Fertility-and-Trying-to-Conceive/Lemon-water-for-Fertility/show/1185582
  3. Suresh, S., 2017, Bioenvironmental Issues Affecting Men’s Reproductive and Sexual Health, Academic Press, p. 561.
  4. Airaodion, A., et al., 2019, Consumption of Coconut (Cocos nucifera) Water Improved Fertility Parameters in Male Wistar Rats, Asian Journal of Pregnancy and Childbirth, 2 (3): 1-7.
  5. Dillasamola, D., et al., 2019, The Effect of Extract of Date Palm Fruit (Phoenix dactylifera) on Fertility in Male Mice (Mus musculus L.). Asian Journal of Pharmaceuticals and Clinical Research, Volume 12 Issue 1.
  6. Hairi, H., et al., Therapeutic Effects of Labisia pumila on Esterogen-deficiency Related Dosprders: An Evidence Based Review, International Journal of Pharmacology, 12: 451-460.
  7. Kort, D.H., et al., Cinnamon Suplementation improves menstrual cyclicity in women with polycystic ovary syndrome, Science Direct, Vol.100, Issue 3.
  8. Mahdavi, R., Heshmati, J., & Namazi, N., 2015, Effects of Black Seeds (Nigella sativa) on male infertility: A systematic review, Journal of Herbal Medicine, 5 (3): 133-139.
  9. Hassanien, H. H. M., et al., 2019, The effect of dietary doum supplementation on productive and reproductive performance of male rabbits in Upper Egypt, SVU-International Journal of Agriculture Science, Volume 1, Issue (1) pp: 70-82.
  10. American Pregnancy Association, Preconception Nutrition, [Internet], Tersedia dalam: https://americanpregnancy.org/getting-pregnant/preconception-nutrition-70950
  11. Academy of Nutrition and Dietetics, Foods That Can Affect Fertility, [Internet], Tersedia dalam: https://www.eatright.org/health/pregnancy/fertility-and-reproduction/fertility-foods
  12. March of Dimes, Health Eating Before Having a Baby, [Internet], Tresdia dalam: https://www.marchofdimes.org/pregnancy/healthy-eating-before-having-a-baby.aspx
  13. Kenyan News, Eating Sprouts Makes Men More Fertile, Fact or Myth?, [Internet], Tersedia dalam: https://kenyannews.co.ke/health/health-news/eating-sprouts-makes-men-more-fertile-fact-or-myth/
  14. Mail Online, Why Walnuts make men more fertile: Scientists claim the crunchy snack os essential for boosting sper, quality, [Internet], Tersedia dalam: [https://www.dailymail.co.uk/health/article-4267920/Why-walnuts-make-men-fertile.html]

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa