Pra Kehamilan

Penting, Inilah Pengertian dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fertilitas

Memiliki buah hati merupakan impian bagi pasangan suami istri. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi fertilitas? Baca selengkapnya.

Menjadi orang tua merupakan hal yang paling dinantikan bagi pasangan suami istri. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi fertilitas agar kehamilan segera terjadi.

 

Pengertian Fertilitas

  • Fertilitas atau kesuburan adalah kemampuan untuk hamil melalui aktivitas seksual normal dan melahirkan anak. Kesuburan pria dan wanita berperan penting untuk terjadinya kehamilan.

  • Memahami masa subur dan memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari dalam konsepsi akan memperbesar peluang untuk segera mendapatkan momongan.

  • Pada umumnya, pasangan suami istri yang rutin melakukan hubungan intim tanpa kondom akan hamil dalam 1 tahun.

 

Faktor Fertilitas

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi fertilitas yang perlu diketahui.

1. Usia

  • Fertilitas akan berubah seiring bertambahnya usia baik pada pria maupun wanita. Usia wanita merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi fertilitas dan peluang untuk memiliki momongan.

  • Usia reproduksi terbaik bagi wanita adalah di usia 20-an dan berangsur-angsur menurun di usia 30-an. Peluang untuk memiliki anak lebih tinggi ketika wanita berusia di bawah 35 tahun dan laki-laki di bawah 40 tahun.

  • Fertilitas pria juga akan menurun seiring pertambahan usia, namun beberapa sumber menyebutkan hal tersebut tidak menjadi masalah sebelum pria berusia 60-an.

2. Gaya hidup

Menerapkan gaya hidup sehat dapat meningkatkan peluang untuk hamil dan melahirkan bayi yang sehat. Beberapa gaya hidup yang sebaiknya dihindari, antara lain:

  • Merokok

Pria dan wanita yang merokok biasanya memiliki masalah fertilitas. Kandungan senyawa kimia pada rokok dapat merusak sel telur dan sperma, serta dapat mempengaruhi kesehatan bayi.

Tidak hanya bagi perokok aktif, gangguan fertilitas juga dapat terjadi pada perokok pasif. Berhenti merokok setidaknya 3 bulan sebelum kehamilan untuk memastikan dalam kondisi sehat.

  • Konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menurunkan kesempatan untuk hamil dan dapat mempengaruhi perkembangan bayi.

Bagi pria, alkohol dapat mempengaruhi kualitas sperma, menurunkan libido dan menyebabkan impotensi. Sedangkan bagi wanita yang merencanakan kehamilan, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alkohol.

  • Konsumsi obat-obatan

Pada umumnya, sebagian besar obat-obatan aman digunakan sebelum dan selama kehamilan. Sebagian lagi dilaporkan dapat mempengaruhi peluang untuk hamil dan menyebabkan masalah saat kehamilan atau berbahaya bagi janin.

Oleh karena itu, penggunaan obat-obatan harus dikonsultasikan dengan dokter.

Penggunaan kokain, heroin dan ekstasi dapat menyebabkan masalah reproduksi permanen baik pada pria maupun wanita.

3. Kondisi kesehatan

Penyakit kronis atau kondisi kesehatan tertentu dapat mempengaruhi fertilitas, seperti:

  • Polycystic ovary syndrome (PCOS)

PCOS atau sindrom ovarium polikistik adalah kelainan atau gangguan hormon yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur dan kesulitan untuk hamil.

Perubahan gaya hidup, seperti penurunan berat badan, olahraga teratur dan konsumsi makanan sehat dapat membantu untuk mengurangi gejala PCOS.

  • Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual, seperti gonorrhoea, chlamydia, dan syphilis dapat merusak organ reproduksi dan mempengaruhi fertilitas pria dan wanita. Pengobatan yang tepat diperlukan untuk mencegah komplikasi penyakit.

  • Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi ketika jaringan yang melapisi rahim tumbuh di luar rahim atau uterus, ditandai dengan nyeri pelvis yang parah dan masalah fertilitas.

  • Diabetes

  • Menjalani pengobatan kanker

4. Berat badan

Berat badan ideal dapat meningkatkan peluang untuk hamil dan mendapatkan anak yang sehat.

Pada wanita kelebihan berat badan akan mempengaruhi siklus menstruasi dan kualitas sel telur sedangkan pada pria dapat mempengaruhi kualitas sperma.

Tidak hanya kelebihan berat badan, memiliki berat badan yang terlalu rendah juga dapat menurunkan fertilitas.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan melakukan latihan fisik secara rutin untuk mendapatkan berat badan ideal dan membantu meningkatkan fertilitas.

 

Baca Juga: Ingin mengecek kesuburan? Pastikan dengan Tes Kesuburan Pria dan Wanita Ini

 

Tips Agar Cepat Hamil

Mengetahui masa ovulasi

Masa ovulasi atau lebih dikenal dengan masa subur merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam merencanakan kehamilan.

Melakukan hubungan suami istri pada masa subur akan meningkatkan peluang untuk hamil. Ovulasi terjadi ketika ovarium melepaskan sel telur yang kemudian akan dibuahi oleh sperma Ayah.

Cara Menghitung Masa Ovulasi

Setiap wanita memiliki masa subur yang berbeda-beda, bergantung pada siklus menstruasi, umumnya 28 hari. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi sampai menstruasi berikutnya.

Ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum tanggal perkiraan menstruasi berikutnya. Jika kesulitan untuk mencatat, kita dapat menggunakan kalkulator ovulasi atau aplikasi yang dapat digunakan untuk memperkirakan masa ovulasi.

Makan bernutrisi

  • Konsumsi makanan sehat, hindari soft drink atau jus buah dengan kandungan gula yang tinggi.

  • Konsumsi suplemen atau vitamin sebelum kehamilan untuk membantu meningkatkan fertilitas, seperti asam folat, vitamin D, zink dan selenium.

 

Baca Juga : Program Hamil ? Konsumsi Makanan Ini Untuk Tingkatkan Peluang Kehamilan

 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apakah makanan mempengaruhi fertilitas?

Secara umum, tidak ada makanan tertentu yang secara langsung berkaitan dengan infertilitas atau ketidaksuburan.

Namun, pasangan yang sedang merencanakan kehamilan direkomendasikan untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah-buah, serta menghindari makanan cepat saji dan tinggi gula.

 

Kapan waktu terbaik melakukan hubungan intim?

Waktu terbaik melakukan hubungan intim agar meningkatkan peluang untuk hamil adalah 3 hari menjelang ovulasi dan pada hari ovulasi.

Masa ovulasi ditentukan dari siklus menstruasi dan bervariasi, umumnya 28 hari. Hitung masa subur dan amati tanda-tanda ovulasi atau gunakan tes strip ovulasi untuk membantu.

Fertilitas merupakan salah satu faktor penting dalam kehamilan Pada umumnya, wanita dan pria yang sehat dapat hamil secara alami dalam 1 tahun. Jika mengalami kendala, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

 

Baca Juga: Ketahui Posisi dan Cara Berhubungan Suami Istri Ini Agar Cepat Hamil.

 

Ditulis oleh : apt. Silvia Dwi Puspa Susanti, S.Farm

Sumber

  1. Mayo Clinic. Fertility [Internet}. Available from: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/basics/fertility/hlv-20049462
  2. How to improve your chance of pregnancy and having a healthy baby [Internet}. Available from: https://www.yourfertility.org.au/
  3. American Society for Reproductive Medicine. Age and Fertility [Internet]. Available from: https://www.reproductivefacts.org/globalassets/rf/news-and-publications/bookletsfact-sheets/english-fact-sheets-and-info-booklets/Age_and_Fertility.pdf
  4. Northwestern Medicine. 6 Myths About Fertility [Internet]. Available from: https://www.nm.org/healthbeat/healthy-tips/6-myths-about-fertility
  5. Your Fertility. Trying for a baby? 8 myths and misconceptions about what’s good and bad for female fertility [Internet]. Available from: https://www.yourfertility.org.au/latest-news/trying-baby-8-myths-and-misconceptions-about-whats-good-and-bad-female-fertility

 

Komentar

Instagram Mommy.101

TestiMommy

Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image
Slide Image

Rentang kelahiran kedua yang cukup jauh, membuat saya sedikit lupa beberapa hal tentang parenting dan pengasuhan bayi. Informasi di website Mommy101 sangat membantu saya mengingat lagi semuanya. Terima kasih.

Eva, Mommy Lubna & Fadlan

New mom, young mom, senior mom, semua mommy wajib punya buku ini karena isinya sangat informatif, menarik, jelas dan padat, tidak ada lagi bingung-bingung soal perawatan bayi yaa moms.

Irsalina, mommy Aubrey dan Arsyila

Sebuah referensi terpercaya untuk ibu dan calon ibu. Sangat bermanfaat untuk panduan sehari-hari.

Mommy Fivi

Di Mommy 101 dari info yg basic sampe yg advanced ada semuah, bener-bener helpful buat first timer Mommy kaya aku. Sempet lupa minum folat acid, untung baca Mommy 101 jadi langsung gercep ambil n telen biar babyku tumbuh sehat. Makasi Mommy 101!

Jessica, Hamil 2 Bulan

Senang ketemu website Mommy101 yang lengkap banget infomasinya. Penyampaiannya ringan, menarik, dan mudah dipahami. Tapi tentu dengan sumber-sumber yang credible (bisa check di refrensinya). Thank you Mommy 101 for making our parenting tasks so much easier.

Sarah, Mommy Shifa